6 Cara Menghafal dengan Cepat dan Efektif. Dijamin Ampuh!

25 Dec 2022 11:12 WIB

thumbnail-article

Ilustrasi orang yang sedang menghafal sesuatu. Sumber: Freepik.

Penulis: Moh. Afaf El Kurniawan

Editor: Margareth Ratih. F

Tidak dapat dipungkiri bahwa menghafal bagi kebanyakan orang merupakan sesuatu yang sulit untuk dilakukan. Hanya saja banyak yang tidak tahu bahwa menghafal bukanlah sesuatu yang sulit untuk diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.

Fakta yang terjadi di lapangan adalah, banyak orang yang tidak menggunakan strategi tertentu untuk menghafal sebuah materi, entah itu materi pelajaran ataupun lainnya. Mereka hanya menghafal dengan metode umum yang sering dilakukan orang pada biasanya. 

Bagi sebagian orang, dalam menghafal juga dibutuhkan strategi yang tepat agar materi yang dihafalkan cepat diingat. Berikut 6 tips menghafal yang mungkin bisa diterapkan oleh seseorang agar cepat menghafal sebuah materi yang sedang ia pelajari.

  1.       Berada di Lingkungan yang Tepat

Salah satu cara yang bisa mendukung seseorang agar cepat menghafal adalah dengan cara memilih lingkungan yang dapat membantunya lebih mudah untuk menghafal. Tidak jarang orang-orang memilih tempat yang tenang dengan sedikit gangguan, namun ada juga yang melakukannya di tempat umum yang ramai.

  1.       Lakukan pengulangan

Melakukan pengulangan terhadap materi yang ingin dihafalkan bisa membantu seseorang lebih mudah dalam menghafal. Dengan mengulang materi, maka secara tidak langsung otak melakukan perekaman sehingga seseorang lebih mudah untuk mengingatnya.

  1.       Pahami gaya belajar

Seseorang seharusnya memahami cara belajar dirinya sendiri agar bisa membantu untuk mempercepat hafalan mereka. Saat ini terdapat empat gaya belajar utama yang biasa disebut dengan VARK (Visual, Auditory (pendengaran), Reading/writing (membaca/menulis), dan Kinesthetic (kinestetik).

  1.       Pelajari 3R untuk menghafal

Terdapat tiga langkah yang menjadi dasar cara menghafal mudah dan cepat, yakni 3R. Tiga langkah ini tentunya menjadi strategi bagus dalam membantu seseorang menghafal.

  •         Registrasi

Langkah pertama ialah merekam memori baru dalam pikiran dengan tujuan bisa menyimpan di memori dalam jangka panjang. Teknik perekaman yang efektif mampu membantu seseorang agar cepat menghafal.

  •         Retensi

Pada bagian ini, otak seseorang bekerja untuk menyimpan informasi kemudian memindahkannya dari memori jangka pendek ke memori jangka panjang. Sehingga membuat seseorang mampu mengingatnya hingga dalam jangka waktu yang lama.

  •         Remember

Pada bagian terakhir dalam tahapan menghafal, seseorang bisa menggunakan teknik untuk mengambil informasi yang telah tersimpan dalam pikiran.

 

  1.       Hafalkan dengan menulis

Dalam beberapa kasus, menulis bagi seseorang bisa membantu menghafal dengan cepat. Hanya saja cara yang satu ini kembali lagi kepada cara belajar seseorang.

  1.       Belajar di waktu yang tepat

Waktu belajar seseorang juga memengaruhi kemampuan dalam hal menghafal. Beberapa orang merasa lebih mudah menghafal saat malam hari. Ada juga yang cepat menghafal di waktu pagi hari. Memilih waktu yang tepat untuk menghafal juga mendukung seseorang agar cepat menghafal sebuah materi.

Demikian 6 cara cepat menghafal yang bisa seseorang terapkan dalam kehidupan sehari-hari. Kuncinya adalah mengetahui kemampuan dan kebiasaan diri sendiri bisa membantu kecepatan seseorang dalam menghafalkan apapun.

Apa Komentarmu?

Tulis komentar

ARTIKEL TERKAIT

VIDEO TERKAIT

KOMENTAR

Latest Comment

Belum ada komentar

Jadilah yang pertama mengirimkan komentar untuk bertukar gagasan dengan pengguna lainnya

TERPOPULER