6 Deretan Tambang Terbesar Nikel di Indonesia

27 Mar 2024 15:03 WIB

thumbnail-article

Pemeriksaan biji feronikel milik PT Aneka Tambang (ANTAM) yang siap ekspor di Pelabuhan Pomala, Kolaka, Sulawesi Tenggara, Selasa (8/5/2018). (Sumber: ANTARA FOTO/Asep Fathulrahman)

Penulis: Moh. Afaf El Kurniawan

Editor: Rizal Amril

Indonesia menjadi salah satu negara yang memiliki wilayah tambang nikel sangat luas dengan cadangan melimpah. Hal ini menjadikan Indonesia sebagai negara dengan cadangan dan produksi nikel terbesar di dunia.

Menurut Badan Geologi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Indonesia memiliki potensi formasi pembawa nikel mencapai 2 juta hektare (ha).

Namun, hanya sekitar 800.000 ha yang sudah dieksplorasi dan memiliki izin usaha pertambangan (IUP). Berdasarkan Rencana Pengelolaan Mineral dan Batubara Nasional Tahun 2022-2027, total sumber daya nikel Indonesia mencapai 17,7 miliar ton bijih dan 177,8 juta ton logam.

Sedangkan cadangan nikel Indonesia mencapai 5,2 miliar ton bijih dan 57 juta ton logam. Dengan jumlah cadangan tersebut, Indonesia menduduki peringkat pertama sebagai negara dengan cadangan dan produksi nikel terbesar di dunia.

Daftar tambang nikel di Indonesia

Berikut beberapa tambang nikel terbesar yang ada di Indonesia:

1. Blok Sorowako - PT Vale Indonesia Tbk (INCO)

Blok Sorowako merupakan konsesi tambang nikel yang dioperasikan oleh PT Vale Indonesia Tbk (INCO). Tambang ini terletak di Luwu Timur, Sulawesi Selatan, dengan luas 70.566 hektare (ha).

Vale menambang bijih nikel kadar tinggi (saprolit) dan nikel kadar rendah (limonit) untuk berbagai kebutuhan. 

Vale Indonesia memiliki total luas konsesi 118.017 ha, termasuk Blok Sorowako, Blok Bahodopi, serta Blok Pomalaa dan Sua-Sua di Sulawesi Tenggara.

2. Proyek Weda Bay Nickel - PT Weda Bay Nickel (WBN)

Tambang Weda Bay Nickel terletak di Halmahera Tengah dan Halmahera Timur, Maluku Utara. 

Operasinya dimulai sejak 2019 dan mayoritas sahamnya dimiliki oleh perusahaan asal China, Tsingshan, dan perusahaan asal Prancis, Eramet. 

Saat ini diperkirakan memiliki Sumber daya deposit Weda Bay Nickel mencapai 12,2 juta ton nikel.

3. Gag - PT Gag Nikel (Anak Usaha PT Antam Tbk)

Tambang Gag berlokasi di Pulau Gag, Raja Ampat, Papua Barat. Total sumber daya nikel tambang Gag mencapai 315,57 juta wet metrik ton (wmt).

4. Kawasi - PT Trimegah Bangun Persada Tbk

Tambang Kawasi terletak di Pulau Obi, Halmahera Selatan, Maluku Utara. Total cadangan tambang Kawasi mencapai 108,4 juta wet metrik ton (wmt).

5. Proyek Asera - PT Bumi Konawe Minerina

Deposit Asera berlokasi di Konawe Utara, Sulawesi Tenggara. Estimasi sumber daya deposit Asera mencapai lebih dari 16 juta ton bijih nikel.

Baca Selengkapnya

Apa Komentarmu?

Tulis komentar

ARTIKEL TERKAIT

VIDEO TERKAIT

KOMENTAR

Latest Comment

Belum ada komentar

Jadilah yang pertama mengirimkan komentar untuk bertukar gagasan dengan pengguna lainnya

TERPOPULER