6 Tips Hidup Sehat buat Kaum Mageran

19 Januari 2023 14:01 WIB

Narasi TV

Ilustrasi seseorang yang sedang berolahraga dalam ruangan. Sumber: Freepik.

Penulis: Rusti Dian

Editor: Margareth Ratih. F

Kondisi tubuh yang sehat dapat meningkatkan kualitas dan produktivitas sehari-hari. Penting bagi kita untuk menjaga pola hidup sehat agar tubuh tidak mudah sakit. Pola hidup seperti ini membutuhkan usaha yang harus konsisten kamu jalani.

Tidak bisa dipungkiri pasti ada rasa mager alias malas gerak untuk menjalani pola hidup sehat. Apalagi buat kamu yang sedari awal termasuk kaum mageran. Padahal, pola hidup sehat menuntutmu untuk terus bergerak.

Lalu, bagaimana tips hidup sehat buat kaum mageran?

  • Berjemur Setiap Pagi

Sinar matahari pagi menghasilkan sinar UV (ultraviolet) yang baik untuk memenuhi asupan vitamin D bagi tubuh. Selain membuat tubuhmu sehat, berjemur di pagi hari juga dapat mengurangi depresi.

Sangat disarankan untuk berjemur sambil berolahraga. Namun, jika kamu malas berolahraga, kamu dapat melakukan aktivitas ringan yang membuatmu sedikit bergerak seperti menyirami tanaman, menyapu halaman, bermain dengan hewan peliharaan, atau sekadar ngobrol dengan tetangga.

  • Istirahat yang cukup

Biasanya, kaum mageran akan memilih tiduran di kamar daripada jalan-jalan keluar. Apalagi setelah seharian beraktivitas yang membuatmu lelah. Lebih baik kamu segera bersih-bersih dan tidur minimal 8 jam.

Waktu yang tepat untuk tidur adalah sebelum pukul 11 malam. Hal ini dikarenakan organ dalam tubuh dapat bekerja lebih baik sehingga keesokan harinya tubuh lebih bugar.

  • Minum air putih yang cukup

Daripada harus membuat minuman sachet, atau harus membeli minuman lewat aplikasi, lebih baik kamu minum air putih minimal 8 gelas dalam sehari. Selain tidak ribet, metabolisme dalam tubuh pun dapat lebih baik.

  • Biasakan hidup bersih

Walaupun mager, kamu harus tetap menjaga kebersihan di sekitarmu, minimal area dalam kamarmu sendiri. Setelah bangun tidur, kamu bisa langsung merapikan tempat tidur dan menyapu lantai kamar.

Jangan menunda untuk mencuci pakaian dan alat makan yang kamu pakai. Hal tersebut karena dapat menjadi sarang kuman dan penyakit, serta membuatmu makin malas lagi untuk membersihkan karena terlalu menumpuk.

  • Hindari stres

Mungkin hal ini sulit dilakukan oleh sebagian orang. Namun, mengelola stres dengan baik juga termasuk pola hidup sehat. Walaupun mager, tidak ada salahnya untuk menjalani hobimu sendiri ketika sedang stress. Kamu juga bisa melampiaskannya dengan istirahat yang cukup atau bermeditasi di tempat-tempat yang dirasa nyaman untuk melakukannya.

  • Olahraga di Kamar

Olahraga tidak harus dengan lari atau pergi ke gym. Kamu bisa berolahraga di rumah atau kamarmu. Berbagai pilihan olahraga yang bisa dilakukan di dalam ruangan adalah push up, squat, lompat tali, senam, yoga, dan lain sebagainya.

Tidak hanya itu, kamu bisa melakukan berbagai gerakan saat sedang rebahan sambil bermain HP atau membaca buku. Contoh gerakannya adalah dengan straight leg lifts. Cara melakukannya adalah dengan mengangkat satu kaki hingga membentuk sudut 45 derajat, tahan satu detik, kemudian turunkan kembali. Lakukan gerakan ini sebanyak 15-20 kali untuk satu kaki.

Walaupun mageran, kamu juga tetap bisa menerapkan pola hidup sehat. Jadi, tidak ada alasan lagi buat kamu malas-malasan lagi ya!

NARASI ACADEMY

TERPOPULER

KOMENTAR