7 Aplikasi Scan Dokumen yang Praktis dan Gratis Digunakan

5 Jun 2024 19:06 WIB

thumbnail-article

Ilustrasi seorang pekerja tengah memindai dokumen. (Sumber: Freepik)

Penulis: Khairul Ilham

Editor: Rizal Amril

Banyak sekali aplikasi scan dokumen yang ada di internet yang bisa memudahkan kamu untuk melakukan kerja-kerja pengarsipan.

Aplikasi pemindai dokumen berikut ini juga bisa kamu gunakan untuk mengirimkan dokumen-dokumen digital yang kini banyak dijadikan persyaratan untuk melakukan sesuatu.

Jika dahulu memindai dokumen masih menggunakan scanner dari printer, kini memindai dokumen dapat dilakukan dengan mudah. 

Aplikasi scan dokumen juga bisa jadi pengganti alat scanner yang mahal dan memakan biaya.

Berikut ini adalah 7 aplikasi scan dokumen yang bisa kamu gunakan untuk memindai dokumen-dokumen penting.

1. Genius Scan

Aplikasi yang pertama adalah Genius Scan. Aplikasi yang satu ini mendukung untuk memindai dokumen menjadi format JPG dan PDF. 

Aplikasi ini juga memiliki fitur untuk memindai dokumen dengan berbagai ukuran dan tata letak seperti A5, A4, A3, kartu nama, surat resmi, dan lain sebagainya. 

Selain itu, Genius Scan juga dilengkapi dengan beberapa fitur lain seperti koreksi, deteksi halaman, dan pemindaian dengan kualitas tinggi.

Aplikasi yang satu ini juga bisa membuat cadangan dan memulihkan data yang telah terpindai secara otomatis. Genius Scan bisa digunakan pada Android, iOS, dan Windows.

2. Mobile Doc Scanner

Mobile Doc Scanner adalah salah satu aplikasi scan dokumen yang memiliki fitur lengkap. 

Aplikasi ini memiliki beberapa navigasi gerakan untuk memfokuskan dokumen dengan mudah. 

Mobile Doc Scanner (MDScan) tersedia dengan versi lite dan full version yang bisa digunakan untuk Android 2.3 dan versi di atasnya.

3. Handy Scanner

Aplikasi yang satu ini menghadirkan fitur canggih yang mendukung pemindaian PDF dengan kualitas yang cukup baik. 

Aplikasi ini juga punya fitur batch scan sehingga kamu dapat melakukan pemindaian di banyak dokumen sekaligus.

Handy Scanner tersedia dalam versi pro yang menawarkan fitur tambahan seperti pemindaian kualitas tinggi, tangkapan gambar tanpa batas, dan penyempurnaan gambar scan.

4. CamScanner

Aplikasi yang satu ini mungkin bisa dibilang menjadi aplikasi yang banyak digunakan oleh orang untuk memindai sebuah dokumen. 

Dengan CamScanner, kamu bisa memindai file PDF, tanda terima, notes, kartu nama, ID Card, dan lainnya

Salah satu keunggulan dari aplikasi ini adalah terdapat fitur “search” yang membantu mencari dokumen lama. Aplikasi ini kompatibel di perangkat Android dan iOS.

5. TurboScan

Fitur yang paling menonjol dari aplikasi ini adalah fitur “sureScan3x” yang memungkinkan kamu memindai tiga gambar dari halaman yang sama dengan kualitas tinggi. 

Aplikasi ini juga memiliki kelebihan yaitu mengirimkan hasil pemindaian ke email kamu secara otomatis. TurboScan kompatibel untuk pengguna Android 4.0 ke atas dan iOS.

6. Adobe Scan

Adobe Scan adalah aplikasi pemindai dokumen yang dikembangkan oleh perusahaan pengembang perangkat lunak, Adobe. Aplikasi ini memanfaatkan kamera handphone untuk scanning dokumen. 

Adobe Scan juga menyediakan fitur pratinjau untuk mengoptimalkan dimensi file, memotong hasil pindai, dan mengedit warna sesuai dengan kebutuhan.

7. Microsoft Office Lens

Aplikasi ini merupakan aplikasi scan dokumen yang memungkinkan bagi kamu untuk mengkonversi gambar menjadi PDF, word, dan bahkan power point

Selain itu, hasil pemindaian dari aplikasi ini juga bisa disimpan ke akun OneNote atau OneDrive milikmu karena Microsoft terintegrasi ke dalam aplikasi ini.

Teks yang dipindai juga sudah pasti akan dikenali secara otomatis dengan teknologi OCR. 

Dengan demikian kamu bisa mencari kata dalam gambar kemudian mengedit dan menyalinnya.

Apa Komentarmu?

Tulis komentar

ARTIKEL TERKAIT

VIDEO TERKAIT

KOMENTAR

Latest Comment

Belum ada komentar

Jadilah yang pertama mengirimkan komentar untuk bertukar gagasan dengan pengguna lainnya

TERPOPULER