9 Contoh Deskripsi Diri Dalam CV yang Disukai Oleh HRD, Simak Yuk!

14 Desember 2022 23:12 WIB

Narasi TV

Ilustrasi seorang HRD membaca CV pelamar kerja. (Sumber: Freepik)

Penulis: Khairul Ilham

Editor: Rizal Amril

Banyak orang terkadang tidak memperhatikan atau bahkan tidak mencantumkan deskripsi diri dalam CV yang akan dibuat. 

Akan tetapi, deskripsi diri menjadi salah satu pertimbangan seorang HRD ketika merekrut karyawan.

Menurut situs jejaring lapangan pekerjaan, Indeed, deskripsi diri berguna bagi perusahaan untuk mengetahui apakah kamu memiliki kualitas dan karakter yang diinginkan oleh perekrut. 

Deskripsi diri dapat berisi ulasan singkat mengenai dirimu, seperti apa dan juga dalam isinya menggambarkan pengalaman, pendidikan, keterampilan, hingga tujuan karir. 

Selain pengalaman dan keterampilan, dalam deskripsi diri juga harus memuat kata kunci yang relevan dengan kualifikasi pekerjaan yang akan kamu lamar.

Dengan begitu deskripsi diri bisa menjadi salah satu penentu apakah HRD akan memberimu kesempatan ke proses rekrutmen selanjutnya atau tidak. 

Maka dari itu, kamu harus membuat deskripsi diri yang cocok untuk posisi atau pekerjaan yang akan kamu lamar.

Berikut ini adalah contohnya, yuk disimak dibawah!

1. Contoh deskripsi diri mahasiswa

“Seorang individu yang teliti, pekerja keras, dan optimis yang mampu menyesuaikan diri dengan lingkungan yang dinamis, dengan pemahaman dan pendekatan yang melihat big picture dari suatu masalah. Memiliki pengetahuan luas dalam bekerja sama dengan orang banyak dan kolaborasi proyek dengan berbagai tim dari latar belakang berbeda.”

“Mahasiswa di jurusan Business Management di Universitas Langlangbuana. Memiliki minat di bidang Penjualan dan Pemasaran, seperti Pengembangan Bisnis dan Pemasaran Digital. Berpengalaman dalam 2 proyek yang berhubungan dengan pemasaran digital. Mencari peluang kerja di bidang penjualan dan pemasaran.”

2. Contoh deskripsi diri fresh graduate

“Lulusan S1 UI jurusan pemasaran digital mempunyai pengalaman di partnership, public speaking, dan beberapa kompetisi bisnis. Mengikuti beberapa organisasi dan kepanitiaan di kampus. Tertarik di bidang Business Development dan Sales, mengikuti perkembangan industri dan role sales, dan mengikuti courses tentang sales.”

3. Contoh deskripsi yang memiliki pengalaman kerja

“Praktisi manajemen bisnis profesional selama 3 tahun yang berhasil membuat analisa pasar, evaluasi pasar, dan mengimplementasikan strategi penjualan dan pemasaran untuk dua perusahaan di Indonesia.”

4. Contoh deskripsi diri lulusan SMA

“Lulusan SMA Negeri 1 Kumai, memiliki minat berkarir di bidang akuntansi. Berpengalaman membuat pembukuan dan laporan keuangan pada proyek festival tahunan sekolah. Mencari pekerjaan di bidang akuntansi dan manajemen.”

“Lulusan SMA Negeri 3 Kupang jurusan IPA dengan gelar juara umum seangkatan pada tahun kedua. Memiliki minat yang tinggi terhadap bidang pertanian terutama bidang agroteknologi. Sedang mencari peluang di bidang agroteknologi, agribisnis, dan agrikultur.”

5. Contoh deskripsi diri pengalaman magang

“Lulusan S1 Jurnalistik di Universitas Multimedia Nusantara. Memiliki pengalaman magang selama 6 bulan sebagai content writer. Mampu menyusun dan menulis artikel. Berhasil menulis 50+ artikel dengan menggunakan keterampilan SEO dan 10 artikel menempati halaman pertama Google.”

“Seorang mahasiswa dengan pengalaman magang menjadi social media specialist. Selama 3 bulan mampu menaikkan engagement Instagram dan TikTok sebesar 25%. Memiliki keahlian menyusun dan membuat konten. Berhasil viral dengan beberapa video mencapai 10.000 lebih views dan meningkatkan followers secara organik. Menguasai berbagai tools social media seperti Google Trends, Google Analytics, dan Hootsuite. ”

6. Contoh deskripsi diri dari bootcamp

“Lulusan S1 Sastra Inggris tahun 2018. Tertarik dalam user design sehingga mengikuti bootcamp UI/UX Designer. Memiliki pengalaman mengerjakan tugas client dengan melakukan riset, membuat kerangka gambar produk, dan membuat model. Memiliki kemampuan riset UI/UX riset, desain, dan pengetahuan pemrograman.”

“Seorang marketer dengan pengalaman lebih dari 3 tahun, ingin mengubah karir menjadi web developer. Telah mengikuti bootcamp web development selama 1 tahun. Memiliki keahlian coding yaitu HTML, CSS, dan JavaScript untuk mengembangkan situs web. Memiliki satu situs web yang telah berjalan dan didesain sendiri.”

7. Contoh deskripsi diri pada CV guru

“Guru yang telah mengajar lebih dari 10 tahun. Selalu menggunakan hati dan empati untuk mengajar. Mendengar keluh-kesah dari murid untuk menciptakan suasana belajar yang efektif dan sesuai dengan setiap kebutuhan dan kemampuan anak-anak.”

8. Contoh profil CV seorang Akuntan

Accounting manager dengan 5 tahun pengalaman akuntansi di industri real estate dan marketing. Menguasai pengetahuan akuntansi umum, payroll, budgeting, dan pembukuan. Mahir dalam menerapkan praktik dan prosedur akuntansi yang inovatif untuk meningkatkan efisiensi.”

9. Contoh deskripsi diri IT support

Lulusan Teknik Informatika dari Universitas Indonesia. Memiliki pengalaman di bidang IT Support menjadi system/network technician intern selama 6 bulan. Memahami segala bahasa pemrograman dan tersertifikasi dalam penggunaan Oracle. Mampu mengoperasikan software komputer seperti configuration dan maintenance.

Demikian adalah contoh deskripsi diri, kamu bisa menggunakan salah satunya sebagai template.

NARASI ACADEMY

TERPOPULER

KOMENTAR