9 Ucapan Perpisahan Kerja Ini Bisa Kamu Gunakan ketika Resign

22 Desember 2022 16:12 WIB

Narasi TV

Ilustrasi seorang pekerja mengundurkan diri dari tempat kerja. (Sumber: Freepik)

Penulis: Elok Nuri

Editor: Rizal Amril

Kamu berencana untuk resign? Masih bingung untuk menyusun kalimat ucapan perpisahan kerja yang berkesan? Berikut adalah tips kalimat yang baik dan berkesan untuk rekan kerja dan juga atasan.

Dalam konteks dunia kerja, resign dapat diartikan sebagai pengunduran diri dari pekerjaan. 

Biasanya orang yang memilih resign memiliki berbagai alasan mulai dari tawaran pekerjaan baru, ketidakpuasan dengan pekerjaan atau bahkan ada yang ingin fokus mengurus keluarga.

Tentunya saat pengunduran diri, usahakan untuk mengakhiri hubungan dengan baik, salah satunya dengan kata-kata perpisahan kerja bernada positif.

Tips membuat email perpisahan kerja

Tips berikut ini bisa kamu gunakan ketika menulis email berisi ucapan perpisahan kerja.

  • Sebelum memutuskan untuk pengunduran diri, pastikan kamu telah memberitahu atasan terlebih dahulu, hal ini supaya atasan punya waktu untuk memikirkan penggantimu.
  • Tips kedua, tulislah email beberapa hari sebelum kamu pergi. Jika kamu mengirimkan terlalu cepat maka akan membuat rekan-rekanmu terdistraksi.
  • Buatlah subjek email yang profesional, kamu hanya perlu menggunakan bahasa yang jelas dan lugas namun masih terlihat profesional.
  • Tulislah hal yang paling berkesan selama kamu bekerja di bagian body email, kamu bisa mulai menulis dari tim kerja kamu terlebih dahulu.
  • Terakhir pastikan kata perpisahan yang kamu tulis singkat dan manis, tidak harus panjang, dan berikan ungkapan rasa terima kasih kepada rekan kerjamu.

Contoh ucapan perpisahan kerja

Berikut ini merupakan contoh ucapan perpisahan kerja yang bisa kamu adaptasi ketika memutuskan berhenti bekerja di sebuah pekerjaan:

  1. Terima kasih sudah diterima dengan baik dalam tim ini, saya banyak belajar hal-hal baru, rasanya susah sekali untuk berpisah dengan kalian, semoga di lain waktu kita bisa bertemu kembali.
  2. Suka dan duka dalam kerja tim membuat saya belajar makna solidaritas dan keluarga, terima kasih telah menerima saya dengan baik. Sampai berjumpa kembali di lain waktu.
  3. Bekerja di perusahaan ini menjadi harapan saya di masa kuliah, saya sungguh senang dan bersyukur diberi kesempatan untuk menjadi dalam bagian perkembangan perusahaan.
  4. Saya sungguh beruntung bisa memiliki rekan kerja yang bisa memberikan motivasi dan mau mengajari dan belajar untuk berkambang, terima kasih untuk tahun-tahun indah yang telah kita lalui bersama.
  5. Tanpa kalian mungkin saya tidak akan pernah tahu apa artinya sebuah dedikasi dan keluarga, terima kasih untuk kerja sama yang baik selama saya di sini.
  6. Berat rasanya untuk berpamitan, tetapi hari ini adalah hari di mana saya berhenti bekerja diperusahaan ini, sukses selalu buat kalian semua.
  7. Tanpa kalian tim kerja yang menyenangkan, hari-hari di kantor mungkin akan sepi dan membosankan, terima kasih kalian semua, sampai jumpa lagi di lain waktu dan kesempatan.
  8. Saya akan merindukan tempat ini, tempat pertama di mana menerima saya setelah lulus kuliah. Tempat di mana banyak yang senantiasa membimbing saya hingga berkembang. Saya juga bersyukur memiliki kesempatan untuk bekerja di perusahaan ini yang merupakan sesuatu yang luar biasa bagi saya. Terima kasih karena kalian sudah menjadi rekan kerja yang hebat dan solid.
  9. Senang bisa mengenal dan bekerja sama dengan kalian dan berkontribusi untuk perusahaan ini. Mohon maaf apabila saya mempunyai banyak kesalahan baik yang disadari ataupun tidak.

Topik:

NARASI ACADEMY

TERPOPULER

KOMENTAR