5 Manfaat Age Gap Relationship, Mematahkan Stigma Generasi Muda dan Tua

30 Maret 2023 18:03 WIB

Narasi TV

Persahabatan beda usia. Sumber: Pexel.

Penulis: Rusti Dian

Editor: Margareth Ratih. F

Perbedaan usia tidak menghalangi seseorang untuk menjalin hubungan pertemanan. Walaupun usia terpaut jauh tentu tidak menjadi masalah. Inilah yang disebut dengan age gap friendship.

Age gap friendship atau pertemanan beda usia justru bisa membantu membuka pikiranmu agar lebih luas lagi. Kamu tidak lagi berorientasi pada senang-senang saja, melainkan minat dan nilai kebersamaan.

Dengan memiliki teman berbeda usia bisa lebih terbuka akan pengalaman. Seseorang yang lebih muda tidak akan berpikir lebih berpengalaman sehingga terkesan menggurui ketika berbicara. Sebaliknya, mereka justru bisa belajar menghadapi masalah dengan sharing bersama teman yang lebih tua.

Hal yang sama juga dirasakan oleh yang lebih tua. Mereka bisa mendapat banyak ilmu baru dari yang lebih muda. Orang-orang muda ini secara tidak langsung memberi wawasan tentang tantangan yang dihadapi oleh generasinya.

Manfaat age gap friendship

Berikut manfaat yang bisa kamu dapatkan ketika menjalin age gap friendship:

  • Memperluas perspektif

Stereotip tentang generasi tua yang membosankan dan generasi muda yang egois tidak selamanya benar. Age gap friendship justru memberi perspektif luas untuk melihat fakta di luar stereotip yang ada.

Sebaliknya, kamu bisa berbagi pandangan bersama teman beda usia untuk menyelesaikan suatu masalah. Hal ini jarang bisa didapatkan dalam hubungan pertemanan usia sebaya.

  • Saling berbagi wawasan

Tidak bisa dipungkiri bahwa mereka yang lebih tua memiliki banyak pengetahuan dan pengalaman. Hal tersebut bisa membantumu mencapai tujuan tertentu.  Tak jarang mereka akan memberi saran yang membuatmu berpikir ulang sebelum mengambil keputusan.

Sebaliknya, kamu bisa berbagi pengetahuan tentang teknologi dan isu budaya populer kepada yang lebih tua. Dengan begitu, mereka bisa mengikuti tren dan tidak merasa ketinggalan zaman.

  • Saling menginspirasi

Baik tua maupun muda, mereka tetap bisa saling menginspirasi, terutama untuk meningkatkan kepercayaan diri.

  • Mendapat pelajaran berharga

Age gap friendship membuatmu bisa bertukar ilmu pengetahuan, termasuk membicarakan hal-hal yang masih dianggap tabu. 

  • Ketulusan dan rasa hormat

Biasanya, orang yang lebih tua memiliki rasa tulus dan hormat lebih dalam daripada yang lebih muda. Mereka cenderung menghindari “drama” saat menghadapi situasi tertentu.

Sebagai yang lebih muda, kamu bisa membangun percakapan yang baik dan berkualitas dengan teman yang lebih tua. Hal ini tentu mampu meningkatkan keterampilanmu.

Hubungan mutualisme antargenerasi ini dapat membuatnya saling ketergantungan. Artinya, mereka bisa saling memanfaatkan untuk mendapat dukungan dengan cara yang positif. Inilah bentuk hubungan pertemanan yang baik.

NARASI ACADEMY

TERPOPULER

KOMENTAR