6 Cara Menjawab Alasan Melamar Pekerjaan Saat Wawancara

11 April 2023 17:04 WIB

Narasi TV

Ilustrasi seorang pelamar menjawab pertanyaan alasan melamar pekerjaan yang diberikan HR. (Sumber: Pexels/Tima Miroshnichenko)

Penulis: Nuha Khairunnisa

Editor: Rizal Amril

Alasan melamar pekerjaan pada posisi yang dituju merupakan salah satu pertanyaan paling umum ditanyakan HR ketika melakukan wawancara kerja.

Meski pertanyaan ini terdengar simpel, jawaban yang diberikan bisa menjadi penentu apakah Anda lolos wawancara atau tidak. 

Oleh sebab itu, pertanyaan tentang alasan melamar harus dijawab dengan sungguh-sungguh.

Lalu, bagaimana cara menjelaskan alasan melamar kerja dengan tepat supaya dapat memikat hati HR?

Alasan HR menanyakan alasan melamar pekerjaan

Ada beberapa alasan yang mendasari HR menanyakan alasan melamar pekerjaan, antara lain:

  • Mengetahui tujuan karier calon karyawan yang ingin dicapai dengan melamar posisi tersebut.
  • Memastikan calon karyawan benar-benar serius dan tertarik dengan posisi yang dilamar.
  • Menguji pengetahuan calon karyawan tentang perusahaan, industri, maupun posisi yang dilamar.
  • Mengetahui aspek mana dari perusahaan yang menarik bagi calon karyawan.

Tips menjawab pertanyaan alasan melamar pekerjaan

Dari alasan-alasan di atas, Anda bisa memperkirakan bentuk jawaban seperti apa yang diekspektasikan oleh HR. Berikut ini beberapa tips menjawab alasan melamar pekerjaan:

  • Riset tentang perusahaan dan posisi yang dilamar, mulai dari visi dan misi perusahaan, budaya kerja, sampai job desk dari posisi yang diincar. 
  • Saat wawancara, berikan jawaban yang bersifat profesional. Hindari jawaban yang terlalu personal.
  • Sebutkan keunggulan dari perusahaan yang dilamar seperti reputasi perusahaan, kualitas produk serta layanan, dan lainnya.
  • Kaitkan keterampilan yang dimiliki dengan posisi yang dilamar. Yakinkan perekrut bahwa pengalaman dan pencapaian kerja Anda dapat menambah nilai pada tim dan perusahaan.
  • Jawab pertanyaan dengan antusias tetapi tetap sopan.

Jawaban untuk pertanyaan alasan melamar pekerjaan

Jawaban untuk pertanyaan ini tentunya bisa beragam. Berikut ini beberapa contoh yang dapat dikembangkan:

1. Sesuai dengan tujuan karier jangka panjang

“Pekerjaan ini selaras dengan proyeksi karier jangka panjang saya. Jika diterima di posisi ini, saya dapat membangun pondasi kehidupan profesional yang kuat, yang pada akhirnya akan membantu saya mencapai kesuksesan di masa depan.” 

2. Membantu pengembangan diri dan karier

“Saya melihat adanya potensi dari pekerjaan ini yang dapat membantu saya dalam mengembangkan diri secara personal dan profesional. Jika diterima di posisi ini, saya dapat menunjukkan seluruh keahlian yang saya miliki dan memanfaatkannya secara penuh untuk perusahaan.”

3. Lingkungan dan atmosfer kerja impian

“Lingkungan kerja perusahaan ini rasanya dapat mendorong saya untuk mengeluarkan seluruh kemampuan yang saya miliki. Untuk dapat bekerja di atmosfer yang memberikan kebebasan bagi pegawainya dalam menunjukkan karya terbaik adalah impian saya sejak dulu, dan saya rasa perusahaan Anda memiliki hal tersebut.”

4. Memberi tantangan dalam karier

“Saya melihat pekerjaan ini sebagai tantangan baru dalam karier yang harus saya ambil. Menghadapi tantangan ini akan membantu saya dalam banyak hal, mulai dari meningkatkan motivasi dan kepercayaan diri dalam bekerja, mempertajam keterampilan, serta mendorong karier saya ke depannya.”

5. Membantu melatih tanggung jawab

“Posisi ini memiliki banyak tanggung jawab dalam pekerjaannya, dan itulah yang saya cari. Tugas-tugas seperti penanganan tim, managemen shift, meeting dan rapat koordinasi, perjalanan bisnis, sampai koordinasi lapangan sangat saya butuhkan untuk mengasah kemampuan dan membuktikan potensi terbaik saya.”

6. Sesuai dengan kemampuan dan keahlian

“Pekerjaan ini sangat sesuai dengan keahlian yang saya miliki. Seluruh kemampuan yang saya asah selama bertahun-tahun dapat saya gunakan secara penuh di perusahaan Anda. Di sini, saya dapat memanfaatkan keahlian secara maksimal sekaligus terus melatihnya supaya tetap tajam.”

Itulah beberapa contoh jawaban untuk pertanyaan alasan melamar pekerjaan. Semoga dapat membantu Anda dalam menjawab pertanyaan dari perekrut saat mendaftar di perusahaan impian. 

NARASI ACADEMY

TERPOPULER

KOMENTAR