Amalan Hari Jumat Sebagaimana Diajarkan dalam Sunah Nabi Muhammad SAW

18 Aug 2023 16:08 WIB

thumbnail-article

Ilustrasi seorang muslim memperbanyak amalan selawat pada hari Jumat. (Sumber: Pexels/Michael Burrows)

Penulis: Elok Nuri

Editor: Rizal Amril

Jumat adalah salah satu hari yang cukup istimewa dalam ajaran Islam, Rasulullah saw. bahkan memberi julukan hari Jumat sebagai Sayyidul Ayyam atau penghulu hari.

Karena kemuliaan hari Jumat, umat Islam dianjurkan memperbanyak amalan saleh di hari Jumat.

Dalam beberapa sunah, Nabi Muhammad saw. mengajarkan untuk memperbanyak amalan khusus di hari Jumat seperti mandi, berselawat, memakai wewangian dan amalan saleh lainnya.

Apa saja amalan hari Jumat yang Rasulullah saw. ajarkan kepada umatnya? Berikut enam amalan sunah yang bisa dilakukan oleh umat muslim di hari Jumat.

Amalan-amalan hari Jumat sesuai sunah

Melansir NU Online, lima amalan berikut ini dapat dilakukan pada hari Jumat sebagai sebuah sunah Rasulullah.

1. Mandi Jumat

Sunah yang pertama adalah mandi sebelum salat Jumat. Anjuran untuk mandi ini berlaku baik bagi laki-laki maupun perempuan yang hendak melaksanakan salat Jumat.

Dalam sebuah hadis dalam riwayat Ibnu Khuzaimah dan Ibnu Hibban, Rasulullah saw. bersabda:

 مَنْ أَتَى الْجُمُعَةَ مِنَ الرِّجَالِ أَوِ النِّسَاءِ فَلْيَغْتَسِلْ وَمَنْ لَمْ يَأْتِهَا فَلَيْسَ عَلَيْهِ غُسْلٌ

Artinya: "Barangsiapa dari laki-laki dan perempuan yang menghendaki Jumat, maka mandilah. Barangsiapa yang tidak berniat menghadiri Jumat, maka tidak ada anjuran mandi baginya". (HR. Ibnu Khuzaimah dan Ibnu Hibban).

Dalam hadis di atas, Rasulullah saw. menjelaskan bahwa setiap muslim yang hendak melaksanakan salat Jumat dianjurkan mandi terlebih dahulu.

Sunah tersebut juga berlaku bagi perempuan yang tidak memiliki kewajiban melaksanakan salat Jumat.

2. Membaca surah Al-Kahfi

Amalan kedua adalah membaca surah Al-Kahfi pada hari Jumat. Berdasarkan hadis Rasulullah saw., orang yang membaca surah Al-Kahfi pada hari Jumat akan disinari cahaya hingga Jumat berikutnya.

Dalam hadis yang diriwayatkan oleh Al-Hakim, Rasulullah saw. bersabda:

 من قرأ سورة الكهف في يوم الجمعة أضاء له من النور ما بين الجمعتين

Artinya: “Barang siapa yang membaca surat Al-Kahfi pada hari Jumat maka akan ada cahaya yang menyinarinya di antara dua Jumat.”

Amalan membaca Al-Kahfi pada hari Jumat juga muncul dalam hadis yang diriwayatkan oleh Ad-Darimi sebagai berikut:

 من قرأ سورة الكهف ليلة الجمعة أضاء له من النور ما بينه وبين البيت العتيق

Artinya: “Barangsiapa yang membaca surat Al-Kahfi pada malam Jumat, maka akan ada cahaya yang menyinarinya di antara dia dan Al-bait al-Atiq (Ka'bah).”

3. Segera hadir ke masjid untuk salat Jumat

Sunah berikutnya adalah bergegas datang ke masjid setelah masuk waktu pelaksanaan salat Jumat.

Rasulullah saw. menjelaskan bahwa terdapat pahala yang luar biasa bagi setiap jemaah salat Jumat yang datang pertama kali ke masjid.

Penjelasan tersebut terdapat dalam hadis Nabi Muhammad saw. berikut ini:

مَنْ اغْتَسَلَ يَوْمَ الْجُمُعَةِ غُسْلَ الْجَنَابَةِ ثُمَّ رَاحَ فِي السَّاعَةِ الْأُولَى فَكَأَنَّمَا قَرَّبَ بَدَنَةً ، وَمَنْ رَاحَ فِي السَّاعَةِ الثَّانِيَةِ فَكَأَنَّمَا قَرَّبَ بَقَرَةً وَمَنْ رَاحَ فِي السَّاعَةِ الثَّالِثَةِ فَكَأَنَّمَا قَرَّبَ كَبْشًا أَقْرَنَ ، وَمَنْ رَاحَ فِي السَّاعَةِ الرَّابِعَةِ فَكَأَنَّمَا قَرَّبَ دَجَاجَةً ، وَمَنْ رَاحَ فِي السَّاعَةِ الْخَامِسَةِ فَكَأَنَّمَا قَرَّبَ بَيْضَةً ، فَإِذَا خَرَجَ الْإِمَامُ حَضَرَتْ الْمَلَائِكَةُ يَسْتَمِعُونَ الذِّكْرَ    

Artinya: “Barangsiapa yang mandi seperti mandi junub pada hari Jumat, kemudian pada waktu pertama ia berangkat Jumat, maka seakan ia berkurban unta badanah. Dan barangsiapa berangkat Jumat pada waktu kedua, seakan berkurban sapi. Dan barangsiapa berangkat Jumat pada waktu ketiga, seakan berkurban kambing yang bertanduk. Dan barangsiapa berangkat Jumat pada waktu keempat, seakan berkurban ayam. Dan barangsiapa berangkat Jumat pada waktu kelima, seakan berkurban telur. Saat imam keluar berkhotbah, malaikat hadir seraya mendengarkan khotbahnya.” (HR. al-Bukhari dan Muslim).

4. Berpakaian putih, rapi, dan bersih

Amalan hari Jumat juga termasuk dalam hal berpakaian. Nabi saw. dalam sebuah hadis menjelaskan bahwa setiap muslim dianjurkan memakai pakaian terbaiknya ketika hari Jumat.

Dalam hadis riwayat Tirmidzi, Rasulullah saw. bersabda:

اِلْبَسُوْا مِنْ ثِيَابِكُمْ اَلْبَيَاضَ فَإِنَّهَا مِنْ خَيْرِ ثِيَابِكُمْ   

Artinya: “Pakailah dari pakaian kalian yang berwarna putih. Karena sesungguhnya pakaian putih termasuk pakaian terbaik bagi kalian.” (HR  al-Tirmidzi).  

5. Memakai wewangian

Amalan lainnya di hari Jumat adalah memakai wewangian jika hendak melaksanakan salat Jumat. Wewangian yang dianjurkan adalah minyak misik.

Akan tetapi, anjuran memakai wewangian tersebut tidak berlaku bagi orang yang tengah berpuasa dan berihram untuk haji dan umrah.

6. Perbanyak membaca selawat

Amalan berikutnya adalah memperbanyak selawat kepada Rasulullah saw. karena akan dilipatgandakan oleh Allah Swt.

Anjuran ini tertuang dalam hadis yang diriwayatkan Al-Imam al-Baihaqi berikut ini:

 أكثروا الصلاة علي ليلة الجمعة ويم الجمعة فمن صلى علي صلاة صلى الله عليه بها عشرا ـ رواه البيهقي بإسناد جيد

Artinya: “Perbanyaklah shalawat kepadaku pada malam Jumat dan hari Jumat. Barangsiapa yang bershalawat kepadaku satu kali, maka Allah akan bershalawat kepadanya 10 kali.” (HR Al-Imam al-Baihaqi dengan sanad yang baik).

Apa Komentarmu?

Tulis komentar

ARTIKEL TERKAIT

VIDEO TERKAIT

KOMENTAR

Latest Comment

Belum ada komentar

Jadilah yang pertama mengirimkan komentar untuk bertukar gagasan dengan pengguna lainnya

TERPOPULER