Amalan Malam Nuzulul Quran untuk Meraih RidhoNya Allah SWT

25 Maret 2024 15:03 WIB

Narasi TV

Ilustrasi melakukan amalan malam Nuzulul Qur'an. (Sumber: Pexels/Michael Burrows)

Penulis: Elok Nuri

Editor: Rizal Amril

Malam peringatan Nuzulul Qur'an diperingati pada setiap tanggal 17 Ramadan atau tahun ini bertepatan pada tanggal 27 Maret 2024. Pada malam Istimewa ini, umat Islam dianjurkan untuk memperbanyak amalan malam.

Nuzulul Qur’an berasal dari istilah bahasa Arab "Nuzul" berasal dari kata "nazala" yang artinya “turun".

Sedangkan kata "Quran" sendiri merujuk pada kitab suci umat Islam, yaitu Al-Qur’an. Jadi jika dilihat pengertian secara harfiah, Nuzulul Quran artinya “turunnya Al-Qur’an”.

Amalan malam Nuzulul Qur’an

Dilansir dari laman NU Online, terdapat beberapa amalan yang bisa dikerjakan pada malam Nuzulul Qur’an, berikut adalah amalan-amalannya:

1. Membaca Al-Qur’an

Amalan terbaik untuk mengisi malam Nuzulul Qur’an adalah dengan memperbanyak membaca Al-Qur’an secara istiqomah.

“Cara-cara yang baik untuk mengisi malam Nuzulul Qur'an yaitu, pertama istiqomah membaca Al-Qur'an. Minimal harus khatam satu kali selama bulan Ramadan,”  terang Ketua PCNU Sumedang, H Sa'dullah, mengutip NU Online.

2. Memperbanyak i'tikaf

Diantara amalan malam Nuzulul Qur’an adalah melaksanakan i'tikaf di masjid. Secara terminologi, i’tikaf adalah berdiam diri di masjid disertai dengan niat. Tujuannya adalah semata beribadah kepada Allah, khususnya ibadah yang biasa dilakukan di masjid.

Demi meraih keutamaan yang lebih besar, seseorang tentu dapat memperbanyak ragam niatnya, seperti berniat mengunjungi dan menghormati masjid sebagai rumah Allah, berzikir dan mendekatkan diri kepada-Nya, mengharap rahmat dan rida-Nya, atau bermuhasabah.

Tak hanya itu, niat beriktikaf juga dapat dilakukan dalam rangka mengingat hari akhir, mendengarkan nasihat dan ilmu-ilmu agama, bergaul dengan orang-orang saleh dan cinta kepada-Nya, memutus segala hal yang dapat melupakan akhirat, dan sebagainya.    

Adapun untuk niat beriktikaf adalah:

 نَوَيْتُ أَنْ أَعْتَكِفَ فِي هَذَا الْمَسْجِدِ للهِ تَعَالَى  

Artinya: “Aku berniat iktikaf di masjid ini karena Allah.”

3. Melaksanakan salat malam

Amalan selanjutnya untuk mengisi malam Nuzulul Qur’an adalah dengan melaksanakan salat malam, salat malam sendiri memiliki banyak keutamaan, sehingga amalan ini sangat dianjurkan untuk mengisi malam Nuzulul Qur’an.

Baca Selengkapnya

NARASI ACADEMY

TERPOPULER

KOMENTAR