Andika Perkasa Pensiun. Yuk Intip Perkiraan Gaji Pensiunan dan Rencananya ke Depan

20 Desember 2022 16:12 WIB

Narasi TV

Jenderal TNI (Purn). Andika Perkasa. Sumber: Antara.

Penulis: Moh. Afaf El Kurniawan

Editor: Margareth Ratih. F

Jenderal Andika Perkasa secara resmi telah melakukan serah terima jabatan (Sertijab) kepada Laksamana TNI Yudo Margono pada Selasa, (20/12/2022) di Plaza Mabes TNI Cilangkap, Jakarta Timur melalui prosesi upacara militer.

Andika Perkasa, pensiunan tentara berusia 58 tahun dan telah mengemban tugas dengan jabatan terakhir sebagai Panglima TNI kurang lebih selama satu tahun. Dirinya dilantik oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada Rabu, (17/11/2021) silam.

Berdasarkan yang tertulis dalam peraturannya, gaji bagi seorang Panglima TNI berkisar antara  Rp5.238.200 hingga Rp5.930.800 setiap bulannya. Namun, banyak yang bertanya-tanya berapa kira-kira uang pensiun yang akan diterima oleh Jenderal Andika Perkasa sebagai pensiunan Panglima TNI?

Presiden Joko Widodo pernah menyinggung soal besaran gaji sebagai pensiunan TNI. Menurut Presiden ke-7 RI tersebut, gaji pensiunan yang diterima oleh TNI dianggapnya kurang sesuai, apalagi mereka yang hidup di daerah Jabodetabek (Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi).

Lantas berapakah kira-kira gaji purnawirawan yang akan diterima oleh Andika Perkasa? Yang jelas gaji yang akan diterima oleh Andika Perkasa tidak lebih tinggi dari gaji pokok saat dirinya masih menjabat, berdasarkan peraturan yang berlaku.

Adapun gaji pensiunan yang akan diterima oleh Andika Perkasa kemungkinan berada di kisaran angka Rp1.643.500 sampai Rp4.448.100, hal itu merujuk pada beleid PP No. 19 Tahun 2019. Jumlah gaji pensiunan tersebut merupakan gaji yang hanya diterima oleh purnawirawan dengan pangkat tertinggi seperti Jenderal Andika Perkasa.

Selain itu, kabar pensiunnya Andika menyebabkan banyak pihak bertanya-tanya soal apa aktivitasnya setelah purna tugas. Dalam sebuah talkshow, beberapa kali Andika Perkasa mendapat pertanyaan serupa, namun dirinya tidak memberikan keterangan secara pasti mengenai apa persisnya kegiatan yang akan ia lakukan setelah resmi pensiun.

Tidak jarang kabar angin berhembus yang menyebut namanya masuk dalam bursa Capres ataupun Cawapres pada Pemilu yang akan berlangsung tahun 2024 mendatang. Menanggapi kabar itu, Andika Perkasa hanya tertawa dan bagi dirinya rumor itu sah-sah saja beredar di luaran sana.

Demikian informasi seputar gaji pensiunan Jenderal Andika Perkasa setelah menjadi purnawirawan. Mengenai akan ke manakah Andika Perkasa setelah selesai jabatannya sebagai Panglima TNI menarik untuk ditunggu.

NARASI ACADEMY

TERPOPULER

KOMENTAR