Resmi Andika Perkasa Serahkan Jabatan Panglima TNI ke Yudo Margono

20 Dec 2022 16:12 WIB

thumbnail-article

Sertijab Panglima TNI (Purn) Andika Perkasa kepada Jenderal TNI Laksamana Yudo Margono. Sumber: Antara.

Penulis: Moh. Afaf El Kurniawan

Editor: Margareth Ratih. F

Jenderal Andika Perkasa secara resmi telah melakukan prosesi serah terima jabatan (Sertijab) sebagai Panglima TNI kepada Laksamana TNI Yudo Margono.

Prosesi serah terima jabatan (Sertijab) tersebut berlangsung di Plaza Mabes TNI Cilangkap, Jakarta Timur pada Selasa, (20/12/2022) melalui upacara militer.

Dalam prosesi upacara militer tersebut, Jenderal Andika Perkasa menandatangani naskah serah terima jabatan bersama Laksamana Yudo Margono yang menjadi penerusnya.

Disusul kemudian serah terima jabatan (Sertijab) Ketua Umum Dharma Pertiwi dan IKKT PWA dari Ny. Hetty Andika Perkasa kepada Ny. Veronica Yulis Prihayati Yudo Margono.

Dalam upacara militer tersebut Ny. Veronica Yulis Prihayati Yudo Margono diangkat sekaligus menjadi Ibu Asuh Wan TNI (Ibu Raksa Tri Anggana Tantri).

Pelantikan Laksamana Yudo Margono sebagai Panglima TNI dilantik langsung oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) berdasarkan Keputusan Presiden Republik Indonesia (Keppres) Nomor 91/TNI/2022 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Panglima Tentara Nasional Indonesia.

Dalam prosesi serah terima jabatan (Sertijab) tersebut, hadir juga Menko Polhukam Mahfud MD, Menhan Prabowo Subianto, Kasau Marsekal TNI Fadjar Prasetyo, Kasad Jenderal TNI Dudung Abdurachman, Wakil Ketua DPR Muhaimin Iskandar, Wakil Ketua DPR Lodewijk F Paulus, serta sejumlah anggota Komisi I DPR lainnya.

 

Dalam pidatonya, Laksamana TNI Yudo Margono mengaku akan konsisten dalam melanjutkan program yang telah dijalankan oleh Jenderal TNI Andika Perkasa pada masa kepemimpinan Panglima TNI sebelumnya.

"Saya akan konsisten untuk melanjutkan program-program maupun pembangunan yang sudah dilaksanakan oleh Jenderal Andika Perkasa," ungkap Laksamana Yudo Margono dilansir dari Antara Sultra (20/12/2022).

Perjalanan Karir dan Prestasi Laksamana TNI Yudo Margono

  • Lulusan Akademi Angkatan Laut (AAL) ke-33 pada 1988.
  • Asisten Perwira Divisi (Aspadiv) Senjata Artileri Rudal di KRI YNS 332 (1988), Kadep Ops KRI Ki Hajar Dewantara 364.
  • Komandan KRI Pandrong 801.
  • Komandan KRI Sutanto 877.
  •  Komandan KRI Ahmad Yani 351.
  • Komandan Lanal Tual (2004-2008).
  • Komandan Lanal Sorong (2008-2010).
  •  Komandan Satkat Koarmatim (2010)
  • Panglima Komando Lintas Laut Militer (Kolinlamil) pada (2017-2018).
  • Panglima Komando Armada I yang menduduki wilayah laut Indonesia bagian barat (2018-2019)
  • Panglima Komando Gabungan Wilayah Pertahanan (Pangkogabwilhan) I, yang merupakan komando utama operasi Markas Besar Tentara Nasional Indonesia (2019-2020).
  • Panglima TNI (2022).

Apa Komentarmu?

Tulis komentar

ARTIKEL TERKAIT

VIDEO TERKAIT

KOMENTAR

Latest Comment

Belum ada komentar

Jadilah yang pertama mengirimkan komentar untuk bertukar gagasan dengan pengguna lainnya

TERPOPULER