Anies dan Ganjar Respons Prabowo Soal Ndasmu Etik

17 Dec 2023 13:12 WIB

thumbnail-article

Ganjar Pranowo, Prabowo Subianto, Anies R. Baswedan mengikuti debat calon presiden yang diselenggarakan Komisi Pemilihan Umum (KPU) di kantor KPU, Selasa (12/12/2023)/ Antara

Penulis: Jay Akbar

Editor: Akbar Wijaya

Pernyataan kontroversial "etik ndasmu" yang dilontarkan calon presiden nomor urut 2 Prabowo Subianto di acara Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas Partai Gerindra pada Sabtu, 15 Desember 2023 direspons oleh calon presiden nomor urut 1 Anies R. Baswedan dan calon presiden nomor urut 2 Ganjar Prabowo.

Anies Baswedan, menanggapinya dengan, "memang, etik itu dimulai dari kepala. Kalau kepala tidak mengikuti etika, apalagi yang di bawahnya. Jadi, memang benar, mulainya dari kepala. Dengan begitu, yang di bawah akan ikut. Itu saja cukup, ya. Terima kasih," kata Anies, Sabtu (17/12/2023) di Morowali.

Sementara itu Ganjar menanggapi dengan, "saya kira masyarakat bisa menilai, makanya saya berikan pesan kepada warga untuk kita pakai kalimat-kalimat itu . Dan tentu saja, dibuka saja kalimat bagus. Tidak black campaign, tapi negatif campaign boleh. Umpama tidak percaya pada skor masing-masing, tidak percaya pada data dan fakta, boleh. Tampilkan, biarkan data beradu. Karena lagi-lagi, semua akan melihat masing-masing karakter selama proses kampanye ini berjalan," jelas Ganjar di Bekasi.

Video cuplikan pidato Prabowo di acara Rakornas Gerindra bocor dan menjadi prokontra karena dinilai menyindir pertanyaan Anies Baswedan dalam acara debat capres di Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU), Selasa (12/12/2023).

Dalam video itu, Prabowo terlihat berdiri di podium berlogo Partai Gerindra.

"Bagaimana perasaan Mas Prabowo soal etik? Etik, etik," kata Prabowo.

"Ndasmu etik (etik kepalamu)," sambung Prabowo, disambut teriakan dan tepuk tangan kader Gerindra.

 

Apa Komentarmu?

Tulis komentar

ARTIKEL TERKAIT

VIDEO TERKAIT

KOMENTAR

Latest Comment

Belum ada komentar

Jadilah yang pertama mengirimkan komentar untuk bertukar gagasan dengan pengguna lainnya

TERPOPULER