Anies di Acara Bawaslu: Baru Pemilu Kali Ini Keramaian tentang Kecurangan Ramai Sekali

27 Nov 2023 12:11 WIB

thumbnail-article

Pasangan capres-cawapres nomor urut satu Anies R. Baswedan dan Muhaimin Iskandar di kantor KPU, Jakarta Pusat/ Antara

Penulis: Jay Akbar

Editor: Akbar Wijaya

"Baru pada pemilu kali ini, menjelang pilpres kali ini, keramaian tentang kecurangan itu ramai sekali di masyarakat."

Calon presiden nomor urut satu Anies R. Baswedan menyoroti kecurigaan masyarakat soal potensi kecurangan di Pemilu 2024 mendatang. Menurutnya kecurigaan  masyarat atas kecurangan di pemilu kali ini lebih ramai dari pemilu-pemilu sebelumnya.

"Karena baru pada pemilu kali ini, menjelang pilpres kali ini, keramaian tentang kecurangan itu ramai sekali di masyarakat. Saya rasa Bawaslu menyaksikan," kata Anies didampingi cawapresnya Muhaimin Iskandar di acara Rapat Koordinasi Nasional Sentra Penegakan Hukum Terpadu yang diselenggarakan Bawaslu, Senin (27/11/2023).

Anies mengatakan setiap suara yang diberikan masyarakat harus dijaga. Ia bersama Muhaimin berkomitmen untuk menjalankan pemilu yang jujur dan adil.

"Kami memegang komitmen itu. Insyaallah kami akan laksanakan dan kami berharap di dalam pelaksanaan nanti kita semua harus menyelamatkan setiap suara, mengamankan setiap suara, karena itu bukan suara partai, itu bukan suara capres, itu adalah suara setiap anak bangsa yang berhak menentukan arah masa depan negerinya," ujar Anies.

Anies juga menyerukan kepada semua pihak untuk berkomitmen dalam menjaga integritas pemilu, serta memulihkan kepercayaan rakyat terhadap penyelenggara pemilu.

"Kita buktikan kepada semua bahwa apa yang berkembang di masyarakat hari ini dijawab dengan netralitas, dijawab dengan konsistensi atas apa yang ditandatangani, apa yang dikatakan undang-undang, dilaksanakan sepenuhnya di lapangan," pungkasnya.

Selanjutnya Anies menekankan bahwa tujuan utama pemilu bukan hanya menentukan pemenang, tetapi juga membentuk pemerintahan yang dihormati dan berintegritas.

"Tujuan utama dari proses ini semua kami memandang bukan sekadar siapa menang, tapi bagaimana hasilnya dihormati oleh semua dan pemerintahan yang nanti terbentuk adalah pemerintahan yang disadari oleh semua, bukan hasil karena proses yang ada curang, tapi justru karena hasil yang penuh dengan kejujuran, penuh dengan keadilan, dan itu adalah harapan kita semua," tegas Anies.

Apa Komentarmu?

Tulis komentar

ARTIKEL TERKAIT

VIDEO TERKAIT

KOMENTAR

Latest Comment

Belum ada komentar

Jadilah yang pertama mengirimkan komentar untuk bertukar gagasan dengan pengguna lainnya

TERPOPULER