Anies Sebut Prabowo Tak Tahan Jadi Oposisi karena Alasan Bisnis

13 Dec 2023 20:12 WIB

thumbnail-article

Capres nomor urut satu Anies Baswedan menyampaikan visi misinya dalam debat perdana Capres dan Cawapres 2024 di Gedung KPU, Jakarta, Selasa (12/12/2023). ANTARA FOTO/Galih Pradipta

Penulis: Rizal Amril

Editor: Margareth Ratih. F

Capres nomor urut 1 Anies Baswedan sebut capres nomor urut 2 Prabowo Subianto tak tahan menjadi oposisi pemeritah karena alasan bisnis.

Hal tersebut disampaikan dalam debat capres yang diselenggarakan KPU pada Selasa (12/12/2023) di Kantor KPU Pusat, Jakarta Pusat.

"Pak Prabowo tidak tahan untuk menjadi oposisi. Apa yang terjadi? Beliau sendiri menyampaikan bahwa tidak berada dalam kekuasaan membuat tidak bisa berusaha. Karena itu harus berada dalam kekuasaan," ujar Anies Baswedan.

Anies menyampaikan hal tersebut ketika merespons tanggapan Prabowo atas argumennya mengenai rendahnya kepercayaan publik terhadap partai politik.

Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan tersebut menjelaskan bahwa rendahnya kepercayaan publik tersebut merupakan cerminan atas praktik demokrasi hari ini yang ia nilai rendah.

"Rakyat tidak percaya kepada proses demokrasi yang sekarang terjadi. Itu jauh lebih luas dari sekedar partai politik," katanya.

Ia kemudian menyoroti kebebasan berpendapat yang dikekang melalui UU ITE dan ketiadaan oposisi dalam kehidupan bernegara.

Menanggapi hal tersebut, Prabowo Subianto menganggap Anies Baswedan berlebihan ketika menjawab pertanyaan tentang partai politik.

"Mas Anies dipilih jadi gubernur DKI menghadapi pemerintah yang berkuasa. Saya yang mengusung Bapak. Kalau demokrasi kita tidak berjalan, tidak mungkin Anda jadi gubernur," ujar Prabowo kepada Anies.

Pernyataan Prabowo tersebut kemudian ditanggapi kembali oleh Anies dengan menyatakan bahwa Prabowo tak betah menjadi oposisi sehingga masuk dalam kekuasaan.

Ia juga menyebut pernyataan Prabowo Subianto yang pernah menyatakan bahwa bisnisnya tidak berjalan karena tak berkuasa ketika menghadiri acara "Mata Najwa: 3 Bacapres Bicara Gagasan" pada September lalu.

Debat yang dilaksanakan pada Selasa (12/12) lalu tersebut merupakan acara debat Pilpres 2024 pertama yang digelar KPU.

Rencananya, terdapat lima debat yang akan digelar mulai 12 Desember 2023–4 Februari 2024.

Dalam debat perdana kemarin, para capres saling beradu argumen bertema "Pemerintah, Hukum, HAM, Pemberantasan Korupsi, Penguatan Demokrasi, Peningkatan Layanan Publik, dan Kerukunan Warga".

Debat kedua direncanakan bakal digelar pada Jumat (22/12) mendatang dengan agenda debat khusus cawapres.

Apa Komentarmu?

Tulis komentar

ARTIKEL TERKAIT

VIDEO TERKAIT

KOMENTAR

Latest Comment

Belum ada komentar

Jadilah yang pertama mengirimkan komentar untuk bertukar gagasan dengan pengguna lainnya

TERPOPULER