Bukan Sekadar Gombalan, Apa Arti Kata “Rizz” Dalam Bahasa Gaul?

15 Jun 2024 09:06 WIB

thumbnail-article

Ilustrasi pembuatan konten untuk media sosial. Sumber: Freepik.

Penulis: Rusti Dian

Editor: Margareth Ratih. F

Kata “rizz” sering berseliweran di TikTok. Bagi pengguna TikTok di Indonesia, istilah “rizz” menjadi tren untuk memperlihatkan seseorang yang melontarkan kalimat-kalimat rayuan. Lalu, apa arti kata “rizz” dalam bahasa gaul? Simak penjelasannya berikut ini!

Tren di TikTok

Sebagian pengguna TikTok pasti familiar dengan kata “rizz”. Kata tersebut sempat menjadi tren pada 2023. Sampai sekarang, kata “rizz” juga masih sering digunakan dalam momen-momen tertentu. Namun, ada juga orang yang belum mengetahui arti kata “rizz”.

Rizz sendiri merupakan singkatan dari kata “charisma” atau karisma. Istilah tersebut pernah dinyatakan sebagai kata terpopuler sepanjang 2023 oleh Universitas Oxford. Pihaknya kemudian mendefinisikan kata “rizz” secara lebih spesifik.

Rizz adalah gaya, pesona, daya tarik, atau kemampuan untuk menarik pasangan romantis atau seksual. Kata ini bisa digunakan sebagai kata kerja. Misalnya dalam ungkapan “to rizz up” yang berarti menarik, menggoda, atau merayu seseorang.

Meski begitu, masih ada orang yang salah dalam mengartikannya. Hal tersebut dikarenakan tren di TikTok, khususnya Indonesia, menggunakan kata “rizz” sebagai sebuah lelucon. Tak heran jika ada orang yang mengartikannya sebagai candaan, lelucon, atau gombalan belaka.

Contoh tren “rizz” di Indonesia

Istilah rizz sering digunakan oleh orang-orang yang jago flirting atau menggoda. Berikut beberapa contoh tren rizz yang populer di Indonesia:

  • Are you a chord? Because I C Major potential between us.

Kalimat di atas dapat dibaca, “Are you a chord? Because i see major potential between us (Apakah kamu akord? Karena aku melihat potensi besar antara kita)”. Yang dimaksud akord dalam kalimat tersebut adalah I C Major.

  • I’m a fish because ikan not keep thinking about you.

Kalimat di atas dapat dibaca, “I’m a fish because i can not keep thinking about you (Aku adalah ikan karena aku tidak bisa berhenti memikirkanmu)”. Seperti yang diketahui, bahasa Indonesia “fish” adalah ikan. Sementara pelafalan “ikan” hampir sama dengan “i can”.

  • Are you a map? Because I just got lost in your eyes.

Kalimat di atas memiliki arti, “Apakah kamu peta? Karena aku baru saja tersesat di matamu”. Seperti diketahui, peta berfungsi menunjukkan posisi atau lokasi suatu tempat.

  • You look like my phone. Because I can’t take my eyes off you.

Kalimat di atas memiliki arti, “Kamu seperti ponselku. Karena aku tidak bisa mengalihkan pandangan darimu”. Ini termasuk dalam phone addiction rizz yang bisa digunakan bagi orang-orang yang kecanduan HP.

  • Can you open your keyboard? Then you see, I am always beside u.

Kalimat di atas memiliki arti, “Bisakah kamu membuka papan ketikmu? Kemudian kamu lihat, i selalu di sebelah u”. Dalam hal ini, “i” berarti aku dan “u (you)” berarti kamu. Artinya, “aku akan selalu berada di sebelahmu”.

Selain menggunakan kata-kata rayuan, rizz juga bisa ditunjukkan dengan sikap atau tindakan tertentu. Misalnya memberikan bunga, menggandeng tangan, mempersilakan seseorang untuk masuk ke ruangan terlebih dulu, dan masih banyak lagi.

Intinya, rizz tidak hanya ditunjukkan melalui gombalan saja, melainkan tindakan yang membuat orang lain merasa terpikat dan kagum. Ingat, rizz merupakan kata lain dari “charisma”. Semoga bermanfaat!

Apa Komentarmu?

Tulis komentar

ARTIKEL TERKAIT

VIDEO TERKAIT

KOMENTAR

Latest Comment

Belum ada komentar

Jadilah yang pertama mengirimkan komentar untuk bertukar gagasan dengan pengguna lainnya

TERPOPULER