Apa Beda Fungsi Otak Kiri dan Kanan?

22 Dec 2022 03:12 WIB

thumbnail-article

Ilustrasi otak kanan dan kiri. Sumber: Freepik.

Penulis: Khairul Ilham

Editor: Margareth Ratih. F

Otak adalah salah satu organ tubuh manusia yang amat besar peranannya. Otak itu terbagi menjadi dua sisi yaitu otak kanan dan otak kiri. Baik otak kanan maupun kiri berperan penting dalam mengatur seluruh fungsi tubuh untuk menjalani aktivitas sehari-hari. 

Pada sebuah penelitian menunjukkan otak kiri lebih banyak digunakan untuk proses berpikir secara analitis, verbal, dan selaras. Sementara itu untuk otak kanan lebih banyak digunakan untuk berpikir secara visual, intuitif dan kreatif

Berdasarkan fungsinya otak kanan dan otak kiri, terdapat teori yang menyatakan bahwa seseorang memiliki kecenderungan untuk lebih memakai salah satu bagian otaknya. Dominasi tersebut kemudian akan memengaruhi kepribadian dan kemampuan seseorang. Perbedaan antara dominasi otak kiri dan otak kanan dapat kita lihat dari kemampuan dan cara berpikir pemiliknya. Berikut ini adalah penjelasannya. 

Otak Kiri

Otak kiri dianggap lebih baik untuk mengerjakan tugas yang melibatkan logika, bahasa dan pemikiran analitis. Orang yang dominan menggunakan otak kiri ini digambarkan sebagai orang yang lebih ahli dalam hal-hal berikut.

  • Bahasa, seperti menulis dan membaca
  • Matematika
  • Pemikiran kritis dan logis
  • Analisis
  • Pemikiran berdasarkan fakta

Otak kanan

Untuk otak kanan dinilai lebih baik dalam mengerjakan beberapa hal yang berkaitan dengan kreativitas. Orang yang dominan menggunakan otak kanan digambarkan lebih mahir dalam hal-hal berikut:

  • Seni
  • musik
  • Visual atau gambar
  • Pemikiran berdasarkan intuisi
  • Isyarat nonverbal
  • Imajinasi

Benarkah setiap manusia memiliki sisi otak yang lebih dominan?

Teori tersebut menyatakan bahwa otak kiri dan kanan dikontrol cara berpikir yang berbeda. Keduanya dapat menentukan karakteristik, kepribadian, dan bahkan pekerjaan yang tepat untuk setiap orang.

Namun, hasil dari pemindaian (Magnetic Resonance Imaging) MRI tidak menunjukkan adanya bagian otak yang lebih mendominasi atau lebih memengaruhi kepribadian seseorang daripada bagian otak lainnya.

Penelitian yang ada juga tidak membuktikan adanya bukti kuat untuk mendukung teori dominannya otak kanan atau otak kiri. Kedua sisi otak tersebut saling berhubungan dan menjalankan tugasnya masing-masing. Otak kanan dan kiri saling berkoordinasi. Ini bisa terlihat dari kemampuan orang yang bisa menggunakan kedua tangannya secara aktif dan lancar.

Kalau aktivitas sehari-harimu sendiri, lebih cenderung menunjukkan dominasi otak kanan, otak kiri, atau malah keduanya?

Apa Komentarmu?

Tulis komentar

ARTIKEL TERKAIT

VIDEO TERKAIT

KOMENTAR

Latest Comment

Belum ada komentar

Jadilah yang pertama mengirimkan komentar untuk bertukar gagasan dengan pengguna lainnya

TERPOPULER