Apa Itu Tren Coquette yang Ramai di TikTok?

7 Mar 2024 21:03 WIB

thumbnail-article

Foto Jennie Blackpink kenakan busana bergaya coquette. (Sumber: Instagram/Jennierubyjane)

Penulis: Nuha Khairunnisa

Editor: Rizal Amril

Jika kamu pengguna TikTok yang juga gemar mengamati tren fesyen terkini, pasti sudah tidak asing dengan istilah coquette

Beberapa selebritas ternama pernah tampil dalam balutan gaya busana dengan ciri khas hiperfeminin ini, sebut saja Taylor Swift dan Jennie BLACKPINK. 

Seolah mengikuti selera pasar, sejumlah jenama fesyen juga berbondong-bondong mengeluarkan koleksi terbaru yang menonjolkan elemen feminin mulai dari pita hingga warna-warna pastel. 

Apa itu tren coquette?

Istilah coquette berasal dari bahasa Prancis yang secara harfiah memiliki arti “genit”. 

Dalam konteks tren estetika kekinian, coquette atau terkadang disebut coquette-core merujuk pada perwujudan dari femininitas melalui elemen-elemen yang menonjolkan keindahan, elegan, sekaligus memiliki unsur manis dan ceria. 

Meski baru mendapatkan perhatian dari warganet belakangan ini, gaya berpakaian ala coquette sudah dikenal sejak abad ke-18 di Prancis, dipelopori oleh Marie Antoinette. 

Kini, coquette kembali menjadi tren dengan sentuhan modern yang membuatnya mampu menarik perhatian penggemar fesyen. 

Tidak seperti tren estetika lainnya yang cenderung spesifik dalam penggunaan elemen fesyen, misalnya tren Y2K dengan celana low rise, coquette tidak memiliki pakem tertentu dalam penerapannya. 

Busana coquette dapat menggabungkan berbagai elemen dari tren estetika yang sedang populer, dengan catatan tetap menonjolkan sisi femininitas. 

Bahkan, tren coquette dapat dikelompokkan ke dalam tren-tren lainnya yang lebih spesifik, sebut saja angel-core, royal-core, ballet-core, hingga dark academia-core

Masing-masing memiliki ciri khas elemen busana yang membuatnya berbeda satu sama lain, tetapi masih berada di bawah satu payung coquette-core

Namun, jika hendak dijabarkan secara umum, tren fesyen coquette biasanya tidak jauh-jauh dari padu padan blus dan kaos kaki berenda, sepatu mary jane, stoking, perhiasan mutiara, dan penggunaan warna-warna pastel seperti merah muda dan biru langit. 

Cara padu padan OOTD coquette-core

Seperti dijelaskan sebelumnya, tren coquette identik dengan pemilihan busana yang memiliki kesan manis dan feminin. 

Untuk mencapai estetika ini, kamu bisa menggunakan dress, atau atasan berwarna pastel yang dihiasi renda atau pita. 

Gaya coquette tidak lengkap tanpa tambahan aksesoris yang mendukung sisi hiperfeminin. Kamu bisa memakai fashion item seperti pita rambut, hair clip, atau kalung mutiara berwarna putih atau yang senada dengan pakaian. 

Baca Selengkapnya

Apa Komentarmu?

Tulis komentar

ARTIKEL TERKAIT

VIDEO TERKAIT

KOMENTAR

Latest Comment

Belum ada komentar

Jadilah yang pertama mengirimkan komentar untuk bertukar gagasan dengan pengguna lainnya

TERPOPULER