Arti Tren Dorothea: Ketika Sahabat Tak Sedekat Dulu

26 Oktober 2023 12:10 WIB

Narasi TV

Relasi persahabatan dua perempuan. Sumber: Freepik.

Penulis: Rusti Dian

Editor: Margareth Ratih. F

Dorothea kini tengah menjadi tren di TikTok. Pengguna terlihat mengunggah konten bersama temannya ketika masih sering bersama. Hingga tiba di satu waktu, mereka saling menjauh dan tampak seperti orang asing. Lantas, apa arti kata “Dorothea”?

Dorothea adalah teman yang dulunya sangat dekat dengan, kemudian semakin menjauh dan jarang bertemu. Meski begitu, keduanya tetap saling mendukung, menyayangi, dan sesekali saling update tentang perubahan hidup. Dalam hal ini, dorothea bukan melulu merujuk pada sahabat.

Tren ini berawal dari lagu Taylor Swift yang berjudul “Dorothea”. Lagu ini menceritakan tentang teman masa kecil seseorang yang dulu sering menghabiskan waktu bersama. Suatu hari, temannya harus meninggalkan kota. Mereka hanya bisa saling berkomunikasi melalui ponsel.

Sejak meninggalkan kota, relasi teman masa kecilnya semakin banyak, termasuk kembali memiliki teman dekat baru. Tak ada yang bisa dilakukan oleh orang tersebut selain mengharapkan yang terbaik bagi temannya. Bahkan, ia siap menerima jika suatu saat temannya ingin kembali bersama.

Salah seorang pengguna TikTok bernama Khansa turut menceritakan tren Dorothea. Ia mengaku sedih ketika melihat tren konten tersebut. Ia teringat akan teman dekatnya yang kini menjauh tanpa ada masalah. Mereka hanya terpisah karena kesibukan dan domisili.

“Aku pikir punya Dorothea adalah momen pahit dan manis dalam hidupmu terutama kalau sekarang tuh kalian nggak punya teman baik yang sedekat itu lagi,”ucap Khansa dalam konten TikTok yang diunggahnya pada Rabu (18/10/2023).

Adakah pertemanan yang awet?

Tren Dorothea sebenarnya mengajak kita membangun relasi seluas-luasnya. Dalam hidup, kita pasti akan bertemu dengan orang baru, baik itu saat bekerja, menjalani hobi, atau aktivitas lainnya.

Meski memiliki banyak teman, tetapi Dorothea tak akan meninggalkan sahabatnya. Jarak dan waktu tak menjadi alasan mereka untuk tidak saling mendukung. Mereka tetap menjaga hubungan yang sudah dibangun sedekat itu. Apalagi mencari sahabat atau teman dekat itu cukup sulit.

Ada beberapa tanda yang bisa menunjukkan persahabatanmu akan awet. Berikut tanda-tandanya:

  • Saling menegur ketika melakukan kesalahan.

Alih-alih membicarakan di belakang, lebih baik langsung berkata jujur pada sahabat jika dirinya melakukan kesalahan. Tak semua hal bisa kamu tolerir dan dukung. Sahabat yang baik justru akan menegur ketika kamu melakukan kesalahan dengan tetap menghormati keputusan yang kamu ambil.

  • Saling menerima.

Tak perlu mengikuti standar sosial mengenai bagaimana hubungan persahabatan yang baik. Kalian bisa menciptakan standar tersendiri. Persahabatan yang baik akan saling menerima kelebihan dan kekurangan dan berkata jujur.

  • Ada saat mengalami kesulitan.

Sahabat yang baik tak akan membiarkanmu sendirian menghadapi masa sulit. Sekalipun terpisah jarak, mereka tak akan meninggalkan tanpa memberi kabar.

  • Saling percaya.

Selain terbuka, hubungan persahabatan yang baik dilandaskan pada rasa saling percaya. Kalian harus bisa menjaga rahasia satu sama lain. Hal tersebut karena sahabat bisa menjadi “ruang aman” untuk bercerita, terlebih masalah pribadi.

NARASI ACADEMY

TERPOPULER

KOMENTAR