Apa itu Suicidal Thoughts dan Cara Meredamnya Ketika Mengalami Stress

4 Maret 2024 14:03 WIB

Narasi TV

Ilustrasi perilaku resah orang dengan gangguan mental. Sumber: Freepik.

Penulis: Rusti Dian

Editor: Margareth Ratih. F

Suicidal thoughts adalah pikiran, ide, keinginan, atau pertimbangan untuk mengakhiri hidup dengan cara bunuh diri. Pemikiran ini muncul lantaran adanya depresi mayor dan gangguan mental lain yang kompleks. Lantas, bagaimana cara meredam suicidal thoughts ketika mengalami stress?

Suicidal thought terbagi menjadi dua yaitu aktif dan pasif. Suicidal thoughts pasif berarti pemikiran mengakhiri hidup tanpa disertai rencana bunuh diri. Sementara suicidal thoughts aktif membuat penderita punya niatan bunuh diri dan merencanakan bagaimana cara mengakhiri hidupnya.

Menurut laporan yang diterbitkan The Lance Regional Health-Southeast Asia pada 26 Februari 2024, sebanyak 859,10% kasus bunuh diri di Indonesia tidak dilaporkan. Data ini terhitung sejak 2016-2021 yang didominasi oleh usia 26-30 tahun.

Penyebab suicidal thought cukup variatif dan bisa sangat kompleks. Biasanya suicidal thought disebabkan oleh gangguan kesehatan mental, tekanan hidup yang berat, trauma, isolasi sosial, riwayat kekerasan atau pelecehan, putus asa, kesepian, kehilangan minat pada aktivitas yang diminati, dan masih banyak lagi.

Oleh karena itu, suicidal thought menjadi permasalahan yang cukup serius. Mengingat bahwa angka kematian akibat bunuh diri pun cukup tinggi. Selain menyimpan hotline suicidal thought dan konsultasi dengan tenaga profesional, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk meredamnya.

Cara mengatasi suicidal thought

Berikut cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi dan meredam suicidal thought:

  • Cari orang yang bisa dipercaya

Cobalah untuk mencari orang yang dipercaya untuk bercerita terkait kondisi yang sedang dialami. Dengan begitu, mereka dapat mendengarkan, menawarkan dukungan dan bantuan agar kamu tetap aman.

Jika tidak ada orang yang bisa dipercaya, kamu dapat menghubungi tenaga profesional atau layanan suicidal thought di Indonesia. Kamu dapat menghubungi nomor 119, kemudian tekan angka 8. Nantinya, kamu akan dihubungkan ke layanan SEJIWA untuk membantu menangani masalah tersebut.

  • Cari tempat yang aman

Pastikan kamu mencari tempat yang aman untuk menghindari tindakan membahayakan akibat suicidal thought. Coba untuk pergi ke ruang publik yang nyaman atau ke tempat tinggal orang yang kamu percaya.

Baca Selengkapnya

NARASI ACADEMY

TERPOPULER

KOMENTAR