Apa Itu Transit Love dan Bedanya dengan Perselingkuhan

24 Mar 2024 20:03 WIB

thumbnail-article

Ilustrasi love transit. (Sumber: Freepik/pch.vector)

Penulis: Rusti Dian

Editor: Rizal Amril

Belakangan ini, kisah cinta aktris Korea Selatan, Han So Hee bersama Ryu Jun Yeol tengah menjadi perbincangan hangat. Netizen menyebut hubungan mereka berdua sebagai transit love. Lantas, apa itu transit love?

Transit love memang cukup populer di Korea Selatan. Frasa tersebut merujuk pada judul variety show dating dan untuk menggambarkan suatu hubungan. Dalam bahasa Korea, transit love dikenal dengan istilah hwanseung.

Hwanseung berarti transfer. Dalam bahasa Korea, transfer bisa dimaknai sebagai menipu, memantul, dan/atau berpindah. Layaknya transportasi umum, seseorang akan berpindah ke transportasi lainnya agar bisa mencapai tujuan.

Dalam hal ini, transit love berarti perpindahan dari hubungan satu ke lainnya. Perpindahan ini bisa terjadi karena beberapa alasan, baik internal maupun eksternal.

Istilah ini semakin populer ketika reality show bertajuk “Transit Love” tayang di Korea Selatan. Reality show tersebut menceritakan tentang kisah para lajang yang berusaha mencari cinta baru di rumah bersama.

Beda transit love dan selingkuh

Sekilas transit love dan perselingkuhan memang tampak serupa. Padahal keduanya memiliki perbedaan yang cukup mendasar.

Transit love biasanya terjadi ketika seseorang yang baru saja putus langsung menjalin hubungan baru dengan orang lain. Orang tersebut bisa saja masih memiliki perasaan dengan mantan, tetapi memilih untuk move on dengan menjalin hubungan baru.

Lain halnya dengan perselingkuhan yang terjadi ketika seseorang masih menjalin hubungan dengan pasangan. Ia akan bermain di belakang tanpa sepengetahuan pasangan. Perbuatan tersebut tentu melanggar kepercayaan yang bisa berujung merusak hubungan.

Meski begitu, masa pendekatan (PDKT) transit love bisa terjadi saat seseorang masih menjalin hubungan dengan pasangannya. Tak menutup kemungkinan bahwa orang yang sudah berpasangan dapat menyukai orang lain.

Alasan transit love

Ada beberapa alasan yang membuat seseorang melakukan transit love, diantaranya:

  • Bosan dengan hubungan yang sedang dijalani.
  • Tidak puas dengan hubungan atau pasangan.
  • Merasa tidak bahagia selama menjalani hubungan.
  • Tekanan dari orang lain untuk berpisah dengan pasangan.
  • Kesepian.
  • Ingin mencari sesuatu yang baru.

Dampak transit love

Transit love bisa berdampak positif agar seseorang tidak terlalu lama larut dalam kesedihan. Ia berhak menemukan kebahagiaan baru dengan orang lain. Bagi orang yang terjebak dalam relasi toksik, transit love bisa menjadi jalan keluar untuk menemukan cinta yang lebih baik.

Namun, transit love juga bisa berdampak negatif yaitu merusak reputasi seseorang. Ia akan dikenal sebagai orang yang mudah membuka hati dan menerima cinta yang baru. Di satu sisi, transit love juga melukai perasaan pasangan lama.

Dalam konteks Han So Hee dan Ryu Jun Yeol, ia menolak disebut transit love oleh warganet. Sebab, Ryu Jun Yeol baru saja putus dari aktris bernama Hyeri pada November 2023. Diketahui hubungan mereka telah berjalan selama tujuh tahun.

Baca Selengkapnya

Apa Komentarmu?

Tulis komentar

ARTIKEL TERKAIT

VIDEO TERKAIT

KOMENTAR

Latest Comment

Belum ada komentar

Jadilah yang pertama mengirimkan komentar untuk bertukar gagasan dengan pengguna lainnya

TERPOPULER