Apa Itu Virtex? Pahami Jenis serta Cara Menanganinya Saat Menyerang WhatsApp

29 Dec 2022 12:12 WIB

thumbnail-article

Penampakan virus teks atau virtex. Sumber: Antara.

Penulis: Moh. Afaf El Kurniawan

Editor: Margareth Ratih. F

Apa itu Virtex? Sebuah pertanyaan sederhana yang kerap menghampiri sejumlah orang mengingat istilah tersebut masih terbilang cukup asing.

Virtex atau Virus Text berpotensi untuk membuat beberapa aplikasi mengalami gangguan, seperti halnya WA yang sedang terkena Virtex, maka secara otomatis akan mengalami lag dalam waktu yang cukup lama.

Lantas bagaimana cara mengatasi Virtex di HP? Simak baik-baik penjelasan dalam artikel ini. Namun, sebelum mempelajari cara mengatasi Virtex alangkah baiknya lebih paham lagi mengenai virus yang satu ini.

Apa Itu Virtex?

Virtex adalah sebuah virus yang dapat dikatakan berbahaya, namun sesekali bisa juga menjadi virus yang tidak berbahaya. Hal ini tentu mengacu pada seberapa besar kasus mengenai Virtex menyerang aplikasi.

Biasanya Virtex menyerang sebuah aplikasi pada saat orang-orang banyak menggunakan aplikasi tersebut. Contoh, pada saat menerima pesan WA berisi sebuah pesan dengan karakter unik dan cukup panjang, maka tidak menutup kemungkinan Virtex akan menyerang perangkat HP seseorang.

Virtex biasanya akan menyerang jika sebuah aplikasi banyak digunakan oleh orang-orang, seperti halnya WA. Dengan demikian kemungkinan besar seseorang akan menerima pesan singkat di WhatsApp yang berisi pesan dengan karakter unik dan cukup panjang. Hal ini bisa menjadi indikasi adanya Virtex.

Terdapat 4 jenis Virtex yang perlu seseorang ketahui, yakni Virtex Easy, Virtex Sedang, dan Virtex Ganas. Lantas bagaimana cara mengatasi WhatsApp yang sedang terkena Virtex? Berikut langkah-langkahnya:

Mengatasi Virtex di WhatsApp

  •         Hindari Pesan dari Nomor yang Tidak Dikenal

Menghindari pesan dari nomor yang tidak dikenal bisa menjadi langkah awal untuk mengantisipasi WhatsAPP agar tidak terkena Virtex.

Biasanya hal ini terjadi pada saat seseorang mendapat pesan mencurigakan dengan pesan yang berisi karakter-karakter yang unik. Jika mendapatkan pesan serupa maka baiknya langsung menghapus pesan tersebut.

  •         Gunakan WhatsApp Immune

WhatsApp immune merupakan salah satu aplikasi MOD WhatsApp. Aplikasi satu ini memiliki sifat kebal akan Virtex. Dengan kata lain dapat dipastikan jika menggunakan aplikasi ini HP tidak akan terkena Virtex.

  •         Lakukan Penggunaan Aplikasi WhatsApp Secara Paksa

Paksa untuk berhenti menggunakan WhatsApp menjadi salah satu cara mengatasi masalah ini. Seseorang bisa masuk kembali ke WhatsApp kemudian pesan yang mengindikasikan Virtex segera hapus.

  •        Hapus Data WhatsApp dan Lakukan Instal Ulang

Menghapus data aplikasi WhatsApp dan melakukan install ulang dapat menghindari HP dari efek Virtex yang semakin cepat berkembang.

  •        Jangan Sembarang Berikan Nomor WhatsApp

Hal penting lainnya untuk terhindar dari Virtex adalah jangan memberikan kontak WA kepada orang yang tidak dikenal, karena bisa saja menyalahgunakan nomor tersebut.

Demikian penjelasan mengenai apa itu Virtex dan bagaimana cara mengatasinya jika menyerang HP melalui WhatsApp.

Apa Komentarmu?

Tulis komentar

ARTIKEL TERKAIT

VIDEO TERKAIT

KOMENTAR

Latest Comment

Belum ada komentar

Jadilah yang pertama mengirimkan komentar untuk bertukar gagasan dengan pengguna lainnya

TERPOPULER