8 Cara Melatih Mindfulness dengan Sederhana dalam Kehidupan Sehari-hari

24 Desember 2022 22:12 WIB

Narasi TV

Ilustrasi seseorang tengah memusatkan fokus dalam sebuah gerakan yoga. (Sumber: Freepik/pressfoto)

Penulis: Yohana Nabilla Wuryanto

Editor: Rizal Amril

Belakangan ini, istilah mindfulness kerap didengar dan cukup populer karena dianggap mampu membuat rasa cemas seseorang menjadi berkurang. Apa sebenarnya mindfulness

Mindfulness adalah sebuah cara, metode, atau praktik di mana seseorang sadar sepenuhnya dan memusatkan pikiran pada apa yang dirasa pada saat itu, dan menerima situasi dan perasaan tersebut pada saat itu juga. 

Melansir Layanan Kesehatan Nasional Inggris (NHS), mindfulness dapat membantu kita agar terhindar dari pikiran-pikiran yang memberatkan secara mental.

Dengan memfokuskan diri pada apa yang tengah dilakukan saat ini, kita bisa terhindar dari pikiran-pikiran yang sebenarnya tidak perlu seperti kecemasan, perasaan bersalah, penyesalan, dan lain sebagainya.

Manfaat mindfulness

Lebih lanjut, mindfulness juga memiliki berbagai manfaat untuk seseorang.  Beberapa manfaat tersebut adalah sebagai berikut.

1. Meredakan stres

Manfaat yang pertama adalah meredakan stres. Dengan melakukan mindfulness seseorang dapat merasa lebih tenang dan rileks. 

Hal tersebut nantinya akan membantu seseorang untuk meredakan stres yang dirasa.

2. Lebih fokus pada perasaan diri sendiri

Selain meredakan stres, melakukan praktik mindfulness juga membantu seseorang untuk lebih fokus pada perasaan diri sendiri. 

Dengan fokus pada diri sendiri, harapannya seseorang mampu menerima situasi, kondisi, dan kekurangan yang ada pada diri sendiri saat itu juga.

3. Mencapai kesadaran penuh atas diri sendiri

Dengan memulai niat untuk mengambil alih kesadaran diri sendiri dari pikiran yang tidak perlu, seseorang diharapkan dapat membuat tindakan yang bijak.

Selain itu, mindfulness yang dibarengi dengan penerimaan atas diri sendiri juga akan membuat seseorang tenang dan fokus ketika menghadapi sesuatu.

Cara melatih mindfulness

Sebagai sebuah metode untuk lebih fokus pada tindakan yang sedang dilakukan, mindfulness dapat dilatih agar menjadi kemampuan yang bisa berguna untuk keseharian kita.

Berikut ini merupakan cara melatih mindfulness dalam kehidupan sehari-hari.

1. Atur Pernapasan dan Stretching

Dalam melakukan mindfulness, salah satu cara yang dapat dilakukan adalah mengatur pernapasan dan melakukan stretching sebelum memulai pekerjaan atau aktivitas lainnya. 

Dengan melakukan dua hal tersebut, harapannya seseorang dapat fokus dan rileks dengan pekerjaannya.

2. Menghindari distraksi

Sudah menjadi rahasia umum, apabila seseorang akan melakukan sesuatu akan banyak distraksi yang terjadi. 

Maka untuk fokus kepada diri sendiri dan aktivitas yang akan dilakukan, ada baiknya seseorang harus menghindari distraksi seperti telepon genggam dan suara yang berisik. 

3. Menggambar atau mewarnai

Sebagai bentuk ekspresi diri, menggambar atau mewarnai dapat dijadikan salah satu cara  untuk melakukan mindfulness

Kedua kegiatan tersebut menjadi jembatan atau medium bagi seseorang untuk mengekspresikan diri dan mencurahkan apa yang dirasakannya. 

4. Olahraga 

Salah satu cara untuk melakukan mindfulness adalah dengan rutin melakukan olahraga. 

Olahraga yang dimaksud tidak harus olahraga berat seperti angkat beban, namun dapat dimulai dengan olahraga ringan, seperti jalan kaki, lari, push up, hingga lompat tali. 

Demikian informasi mengenai mindfulness yang dapat menjadi salah satu cara untuk meredakan stres dan melepas penat.

NARASI ACADEMY

TERPOPULER

KOMENTAR