Apakah iMessage Bisa Digunakan di Laptop Windows? Berikut Jawaban dan Caranya

8 Mei 2024 21:05 WIB

Narasi TV

Ilustrasi iMessage di PC. Sumber: spikenow.com.

Penulis: Rusti Dian

Editor: Margareth Ratih. F

Bagi pengguna iPhone yang menggunakan PC berbasis Windows pasti mempertanyakan apakah iMessage bisa diakses di laptop atau tidak. Sebab sistem operasi Windows tidak bisa digunakan untuk software Apple.

Kabar baiknya, kini pengguna iPhone bisa membuka aplikasi iMessage di laptop. Hal ini bersamaan dengan Microsoft yang mulai merilis dukungan aplikasi Microsoft Phone Link untuk sistem operasi iOS.

Kemudahan ini diumumkan oleh Windows pada 26 April 2023. Microsoft Phone Link untuk iOS ini hanya tersedia pada Windows 11 yang telah diluncurkan ke pengguna secara global. Jadi, sistem ini baru mulai beroperasi pertengahan Mei 2023.

Aplikasi Phone Link disediakan Windows 11 untuk memudahkan penggunanya mengakses layanan iOS. Sebelumnya aplikasi ini hanya bisa digunakan untuk menghubungkan Android ke PC Windows 11.

Apabila pengguna telah terhubung dengan aplikasi tersebut, maka pengguna bisa mengoperasikan ponsel langsung dari PC. Mulai dari melihat notifikasi, membuka SMS, dan memindahkan foto/video dari ponsel ke PC.

Syarat menggunakan iMessage di Laptop

Meski sudah ada kemudahan, tetapi ada syarat yang harus dilakukan pengguna iPhone saat akan menghubungkan ponselnya dengan laptop berbasis Windows. Berikut syarat menggunakan iMessage di laptop:

  • Menggunakan aplikasi Phone Link di PC Windows 11.
  • Menggunakan versi terbaru Phone Link (minimal 14) di iPhone.
  • Menyalakan bluetooth di perangkat iPhone dan Windows 11.

Cara menggunakan iMessage di laptop

Berikut cara menggunakan iMessage di laptop:

  • Bagi pengguna PC Windows 11, kamu cukup mengetik “Phone Link” di kolom search pada bagian taskbar Windows 11.
  • Buka “Phone Link”.
  • Pilih “iPhone”.
  • Lakukan setup dan pindai QR Code.
  • Phone Link pada PC dan iPhone akan terhubung.
  • Pilih pengaturan notifikasi yang diinginkan pengguna.

Keterbatasan iMessage di laptop

Meski telah terhubung, tetapi ada keterbatasan dalam mengakses iMessage di laptop. Pengguna harus memastikan posisi laptop dan iPhone berdekatan, mengingat jangkauan bluetooth hanya 40 meter persegi.

Pengguna hanya bisa melihat pesan iMessage yang baru masuk atau dikirim melalui Phone Link saja. Riwayat percakapan di iMessage tidak bisa dilihat melalui fitur Phone Link Windows. Kondisi ini terjadi ketika iPhone belum terhubung Phone Link.

Selain itu, pengguna tidak bisa berkirim pesan dengan pengguna lain dalam grup iMessage. Pengguna juga tidak bisa mengirimkan foto atau video. Dengan kata lain, iMessage di laptop hanya mendukung untuk pengiriman pesan chat saja.

NARASI ACADEMY

TERPOPULER

KOMENTAR