Apakah Melihat Video Mukbang dapat Membatalkan Puasa? Berikut Penjelasannya

18 Maret 2024 03:03 WIB

Narasi TV

Ilustrasi seorang muslim menonton video mukbang di bulan Ramadan. (Sumber: Pexels/Artem Podrez)

Penulis: Elok Nuri

Editor: Rizal Amril

Ngabuburit ketika Ramadan bisa dilakukan dengan banyak cara. Mungkin ada dari kita yang melakukannya dengan menonton video mukbang, namun apakah menonton video mukbang membatalkan puasa?

Sebelum membahas lebih jauh kita harus paham dulu mengenai hakikat puasa. 

Makna puasa sendiri adalah menahan diri dari hawa nafsu dan hal-hal yang dapat membatalkan puasa, seperti makan dan minum.

Berikut adalah penjelasan lengkap mengenai hukum melihat video mukbang yang menempatkan seseorang menikmati makanan enak saat menjalankan puasa

Apakah melihat video mukbang membatalkan puasa?

Merujuk pada penjelasan Habib Husein Ja’far dalam acara “Ada Komika Bertanya pada Ustadznya di kanal YouTube Stand Up Kompas TV, menonton video mukbang ketika puasa diperbolehkan.

Akan tetapi, meskipun tidak membatalkan puasa, Habib Husein Ja’far menjelaskan bahwa aktivitas tersebut dapat mengurangi pahala puasa.

Hal tersebut dapat terjadi bergantung pada apa niat seseorang yang menonton video mukbang ketika tengah berpuasa.

“Kalau udah nonton mukbang karena (merasa) beban untuk mengganggu nafsumu maka itu mengurangi pahala puasa," jelas Habib Husein Ja’far.

Sementara dalam kitab Fathul Muin karya Syekh Zainuddin bin Abdul Aziz Al-Malibari dijelaskan bahwa membayangkan makanan melalui suara, pandangan, atau sentuhan adalah hal yang mubah.

 سن (كف) نفس عن طعام فيه شبهة، و (شهوة) مباحة. من مسموع، ومبصر، ومس طيب، وشمه.

Artinya, “Sunah menyingkirkan makanan yang syubhat dan menahan diri dari menuruti kehendak hawa nafsu yang mubah, baik berupa suara, pandangan mata dan menyentuh atau menghirup wewangian.”

Penjelasan serupa juga dijelaskan oleh Sayyid Abu Bakar Syatha dalam kitab I’anatu al-Thalibin, bahwasannya orang yang berpuasa hendaknya menghindari diri untuk mengikuti hawa nafsu seperti melihat makanan untuk membayangkan rasanya.

Dari penjelasan di atas dapat disimpulkan bahwa orang yang melihat video mukbang tidak membatalkan puasa, namun dianjurkan untuk menghindari untuk melihat video mukbang karena dapat mengurangi pahala puasa.

Alih-alih menonton video mukbang, alangkah baiknya digantinya dengan menonton video ceramah oleh ustad atau kyai untuk menghabiskan sisa waktu menunggu buka puasa.

NARASI ACADEMY

TERPOPULER

KOMENTAR