Apakah Pakai Kuku Palsu Bisa Sholat? Begini Hukumnya Menurut Islam

30 Jun 2024 20:06 WIB

thumbnail-article

Ilustrasi kuku palsu. (Sumber: Freepik)

Penulis: Elok Nuri

Editor: Rizal Amril

Kuku palsu kerap kali digunakan untuk mempercantik tampilan jari, warna serta motif yang beraneka ragam terkadang bisa membuat kuku terlihat lebih menarik. Namun, bagaimana hukum memakai kuku palsu dalam Islam, apakah ketika pakai kuku palsu masih bisa sholat?

Sebelum membahasnya lebih lanjut, kita perlu mengetahui bahwa salah satu syarat sah salat adalah berwudu. Sementara salah satu rukun wajib wudu adalah membasuh kedua tangan, seperti yang dijelaskan dalam firman Allah Swt. dalam surah Al-Maidah ayat 6 berikut:

يٰٓاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْٓا اِذَا قُمْتُمْ اِلَى الصَّلٰوةِ فَاغْسِلُوْا وُجُوْهَكُمْ وَاَيْدِيَكُمْ اِلَى الْمَرَافِقِ وَامْسَحُوْا بِرُءُوْسِكُمْ وَاَرْجُلَكُمْ اِلَى الْكَعْبَيْنِ

Artinya: “Wahai orang-orang yang beriman! Bila kamu hendak melaksanakan salat, maka basuhlah wajah dan tanganmu sampai siku. Sapulah kepalamu dan (basuh) kedua kakimu sampai kedua mata kaki.”

Dalam penjelasan mazhab Syafi’i, membasuh kedua tangan dimaksudkan membasahi tangan secara merata sampai air masuk ke dalam kulit, tanpa penghalang apapun.

Sementara itu, kuku palsu sendiri dapat menghalangi air sampai pada kuku, dan menyebabkan basuhan kurang sempurna, sehingga akan berpengaruh pada kesabhan wudu dan salat.

Mengalirnya air ke bagian tubuh yang wajib dibasuh menjadi penting karena berimplikasi pada sahnya wudu atau mandi wajib. 

Syekh Wahbah al-Zuhaili dalam al-Fiqhul Islami wa Adillatuhu menjelaskan syarat sahnya wudu di antaranya adalah:

  إزالة ما يمنع وصول الماء إلى العضو: أي ألا يكون على العضو الواجب غسله حائل يمنع وصول الماء إلى البشرة، كشمع وشحم ودهن ودهان، ومنه عماص العين، والحبر الصيني المتجسم، وطلاء الأظافر للنساء  

Artinya, “Menghilangkan segala sesuatu yang menghalangi air mencapai anggota tubuh. Maksudnya, tidak boleh ada penghalang pada anggota tubuh yang harus dibasuh seperti lilin, lemak, minyak, pernis, cat, eyeliner atau celak, tinta holografik Cina, dan cat kuku wanita.” (Wahbah al-Zuhaili, al-Fiqh al-Islami wa Adillatuhu, juz I, halaman 341)

Apakah pakai kuku palsu bisa sholat?

Dari penjelasan di atas dapat disimpulkan jika kuku palsu yang digunakan pada tangan haruslah diperhatikan secara detail. 

Mulai dari bahan kuku palsu itu sendiri hingga metode penggunaannya, semuanya harus dipastikan tidak menghalangi air wudu agar tak mengganggu ibadah.

Akan tetapi, agar bisa memantapkan hati dan memastikan bahwa air wudu dapat membasuh seluruh tangan, maka kuku palsu sebaiknya dilepas terlebih dahulu saat hendak wudu dan mengerjakan salat.

Apa Komentarmu?

Tulis komentar

ARTIKEL TERKAIT

VIDEO TERKAIT

KOMENTAR

Latest Comment

Belum ada komentar

Jadilah yang pertama mengirimkan komentar untuk bertukar gagasan dengan pengguna lainnya

TERPOPULER