5 Rekomendasi Aplikasi Belajar Bahasa Inggris Terbaik 2024

14 Agustus 2023 20:08 WIB

Narasi TV

Ilustrasi belajar bahasa Inggris, yang kini bisa dilakukan melalui aplikasi. (Sumber: Freepik/storyset)

Penulis: Nuha Khairunnisa

Editor: Rizal Amril

Kemampuan berbahasa Inggris saat ini sudah seperti kewajiban bagi banyak orang. 

Sebagai bahasa resmi internasional, bahasa Inggris kerap digunakan untuk berbagai keperluan, mulai dari berkomunikasi dengan orang asing hingga kebutuhan pekerjaan. 

Beberapa kemampuan berbahasa Inggris yang perlu dikuasai antara lain berbicara (speaking), membaca (reading), mendengarkan (listening), dan menulis (writing).

Sekarang ini, berlatih bahasa Inggris bisa dilakukan di mana saja dan kapan saja tanpa harus datang ke tempat kursus. 

Sebab, sudah banyak media berbasis digital yang bisa digunakan untuk meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris seperti video YouTube, podcast, hingga aplikasi khusus.

Belajar bahasa Inggris melalui aplikasi tergolong mudah dan praktis karena bisa disesuaikan dengan kebutuhan.

Aplikasi belajar bahasa Inggris biasanya memiliki beragam fitur pembelajaran yang bisa disesuaikan dengan level atau kemampuan berbahasa Inggris Anda saat ini. 

Daftar aplikasi belajar bahasa Inggris terbaik

Ada banyak aplikasi belajar bahasa Inggris yang bisa Anda jumpai di Google Play Store atau App Store. 

Berikut ini beberapa rekomendasi aplikasi untuk membantu Anda belajar bahasa Inggris dengan lebih mudah dan menyenangkan. 

1. Duolingo

Duolingo adalah aplikasi belajar bahasa yang sangat terkenal dan populer. 

Tak hanya bahasa Inggris, pengguna juga bisa mempelajari bahasa asing lainnya seperti Jepang, Mandarin, Prancis, hingga bahasa langka seperti Hawaii dan Navajo. 

Duolingo memberikan Anda pilihan untuk belajar bahasa Inggris mulai dari level dasar (beginner) hingga lanjutan (advanced). 

Melalui Duolingo, Anda dapat menentukan target belajar bahasa Inggris setiap harinya supaya progres belajar yang dilakukan benar-benar konsisten. 

2. Rosetta Stone

Rekomendasi aplikasi belajar bahasa Inggris selanjutnya adalah Rosetta Stone. Seperti Duolingo, aplikasi ini juga bisa digunakan untuk belajar banyak bahasa lainnya. 

Rosetta Stone merupakan aplikasi yang berfokus pada kemampuan berbicara atau speaking

Karena itu, aplikasi ini cocok bagi Anda yang sedang melatih kepercayaan diri untuk berkomunikasi dalam bahasa Inggris secara lisan.

Aplikasi Rosetta Stone juga dilengkapi dengan teknologi TruAccent yang akan memberikan umpan balik atas pelafalan bahasa Inggris Anda.

3. Babbel

Babbel adalah aplikasi belajar bahasa Inggris yang berfokus pada penguasaan kosa kata (vocabulary) dan percakapan (conversation). 

Aplikasi ini menawarkan pembelajaran bahasa Inggris dalam format bite-size yang interaktif sehingga cocok digunakan di sela-sela kesibukan. 

Selain itu, Babbel juga menyediakan materi-materi percakapan yang bisa diaplikasikan di berbagai situasi seperti saat sedang berbelanja, bepergian, dan lain sebagainya. 

4. Beelinguapp

Beelinguapp adalah aplikasi belajar bahasa Inggris yang unik dan akan memberikan Anda pengalaman belajar yang berbeda dan menyenangkan. 

Sebab, aplikasi ini menggunakan konsep storytelling sebagai metode pembelajarannya. 

Baca Selengkapnya

NARASI ACADEMY

TERPOPULER

KOMENTAR