6 Aplikasi Belajar Matematika Gratis, Tersedia di Android dan iPhone

26 Jun 2024 14:06 WIB

thumbnail-article

ilustrasi rumus-rumus matematika. Sumber: Freepik.

Penulis: Rusti Dian

Editor: Margareth Ratih. F

Bagi kamu yang merasa kesulitan belajar Matematika, kini ada berbagai aplikasi belajar Matematika gratis yang bisa dicoba. Aplikasi tersebut dapat membantumu memahami dan memecahkan masalah Matematika secara instan dan rinci. Apa saja aplikasinya?

Belajar Matematika bukan sesuatu yang menyenangkan bagi sebagian orang. Tak jarang yang mengalami kesulitan hingga membenci pelajaran tersebut. Padahal, Matematika dapat mengasah kemampuan berhitung dan penalaran.

Kini, belajar Matematika tidak harus menggunakan kertas dan menghitung secara manual. Ada berbagai aplikasi yang bisa dimanfaatkan untuk belajar Matematika. Selain tampilannya yang menarik, aplikasi ini juga membantu menyelesaikan berbagai masalah selama belajar Matematika.

Lalu, apa saja aplikasi belajar Matematika gratis tersebut? Simak rekomendasinya berikut ini!

Aplikasi belajar matematika gratis

  • Photomath

Photomath tersedia di Android maupun iPhone. Cukup dengan mengunggah soal Matematika, aplikasi ini akan menyelesaikan permasalahannya. Pengguna bisa mendapatkan jawaban rinci beserta langkah-langkah yang mudah dimengerti. Bahkan, ada pula animasi yang menarik dan tidak membosankan.

  • Brainly

Brainly adalah aplikasi jejaring sosial untuk siswa dari berbagai tingkatan sekolah. Aplikasi tersebut memudahkan pengguna untuk saling bertanya tentang tugas, termasuk yang spesifik.

Aplikasi ini gratis dan bisa digunakan oleh siswa sekolah dasar hingga perguruan tinggi. Tersedia pula langkah-langkah yang menjelaskan jawaban Matematika. Sayangnya, jawaban di Brainly tidak terverifikasi dan tidak bisa dijadikan sumber.

  • Khan Academy

Khan Academy adalah aplikasi Matematika yang memungkinkan pengguna meninjau dan mempelajari berbagai materi Matematika. Tersedia lebih dari 10.000 video dan 40.000 pertanyaan tentang statistik, trigonometri, aljabar dasar, aritmatika, dan masih banyak lagi.

  • Mathway

Aplikasi Mathway mudah digunakan dan efisien untuk berbagai macam materi Matematika. Ada berbagai kiat pemecahan Matematika yang mempermudah seseorang untuk lebih memahami materi.

Kelebihan aplikasi ini yaitu memberi proses atau cara menyelesaikan masalah, serta tersedia di Android dan iPhone. Penggunaannya pun tergolong mudah. Cukup dengan memasukkan soal lewat kamera saja. Namun, kekurangan Mathway yaitu tidak dapat memberikan jawaban secara instan.

  • MalMath

Aplikasi MalMath membantu menyelesaikan masalah Matematika untuk siswa sekolah menengah maupun mahasiswa. MalMath dilengkapi dengan fitur analisis grafik serta memberikan solusi instan.

  • Socratic

Aplikasi Socratic tersedia di iPhone dan Android. Aplikasi ini mampu memecahkan masalah Matematika maupun mata pelajaran lainnya. Pengguna cukup mengunggah foto di Socratic. Nantinya, aplikasi ini akan mempelajari konsep, memberi penjelasan instan, tutorial, dan langkah-langkah yang harus dikerjakan.

Itu tadi beberapa rekomendasi aplikasi belajar Matematika gratis yang tersedia di Android maupun iPhone. Selamat mencoba!

Apa Komentarmu?

Tulis komentar

ARTIKEL TERKAIT

VIDEO TERKAIT

KOMENTAR

Latest Comment

Belum ada komentar

Jadilah yang pertama mengirimkan komentar untuk bertukar gagasan dengan pengguna lainnya

TERPOPULER