Apple Pencil dan Kompabilitasnya dengan iPad: Kenali Jenis yang Kompatibel

8 November 2023 17:11 WIB

Narasi TV

Apple Pencil yang sudah dipasarkan untuk iPad. (Sumber: apple.com via ANTARA)

Penulis: Moh. Afaf El Kurniawan

Editor: Rizal Amril

Anda mungkin sudah familiar dengan Apple Pencil, alat yang sangat berguna untuk menggambar, menulis catatan, atau mengedit di iPad.

Namun, tak semua versi Apple Pencil kompatibel untuk digunakan di semua versi iPad.

Apple Pencil dengan port USB-C misalnya, tak dapat digunakan untuk beberapa jenis iPad karena perangkat tersebut hanya kompatibel untuk beberapa versi iPad.

Lantas, versi iPad apa saja yang kompatibel dengan Apple Pencil ber-port USB type C? Berikut penjelasannya.

Jenis Apple Pencil dan kompatibilitasnya

Sebelum mencari tahu Apple Pencil dengan port USB-C kompatibel dengan iPad versi apa saja, kenali dulu jenis-jenis Apple Pencil dan kompatibilitasnya berikut.

1. Apple Pencil generasi pertama

Apple Pencil generasi pertama (Apple Pencil 1) dirilis bersama dengan iPad Pro generasi pertama pada tahun 2015. Alat ini terhubung melalui port lightning, bukan USB-C.

Jadi, jika Anda memiliki iPad dengan port lightning, seperti iPad (generasi 6 dan 7), iPad Mini, atau iPad Air (generasi 3), Anda bisa menggunakan Apple Pencil generasi pertama.

2. Apple Pencil generasi kedua

Apple Pencil generasi kedua (Apple Pencil 2) dirilis bersama dengan iPad Pro generasi ketiga pada tahun 2018. Perangkat ini menggunakan koneksi magnetis dan pengisian daya nirkabel.

Apple Pencil generasi kedua hanya kompatibel dengan iPad Pro generasi ketiga atau yang lebih baru, serta iPad Air generasi keempat (2020) dan iPad Mini keluaran 2019.

Apple Pencil USB-C kompatibel untuk iPad berapa?

Melansir laman resmi Apple Inc., Apple Pencil dengan port USB-C hanya kompatibel digunakan untuk lima versi iPad berbeda.

Kelima versi iPad tersebut ialah:

  • iPad (generasi ke-10);
  • iPad mini (generasi ke-6);
  • iPad Air (generasi ke-4 dan versi yang lebih baru);
  • iPad Pro 11 inci (semua generasi);
  • iPad Pro 12,9 inci (Generasi ke-3 dan versi yang lebih baru).

Selain lima versi iPad tersebut, Apple Pencil dengan port USB-C tidak kompatibel untuk digunakan.

Oleh karenanya, pastikan Anda memeriksa jenis iPad yang Anda miliki dan jenis Apple Pencil yang Anda inginkan untuk memastikan kompatibilitasnya.

Selalu ingat bahwa informasi ini dapat berubah seiring dengan rilisnya produk baru, jadi selalu perbarui diri Anda dengan informasi terbaru dari Apple.

NARASI ACADEMY

TERPOPULER

KOMENTAR