Arti Lebaran dan Idul Fitri yang Wajib Diketahui bagi Umat Islam

22 April 2023 17:04 WIB

Narasi TV

Suasana Masjid Istiqlal di Jakarta, Rabu (23/3/2023). (ANTARA/Sean Filo Muhamad)

Penulis: Moh. Afaf El Kurniawan

Editor: Indra Dwi Sugiyanto

Arti Lebaran dan Idul Fitri diketahui oleh setiap Muslim. Ya, bagi setiap muslim, Idul Fitri menjadi momen yang tepat untuk mendekatkan diri kepada Allah sambil meminta ampunan kepada sesama.

Perayaan Lebaran Idul Fitri akan berlangsung selama dua hingga tiga hari, yang mana umat Islam akan melakukan shalat Ied pada pagi hari di hari pertama Idul Fitri.

Pada saat yang bersamaan umat Islam akan saling mengucapkan selamat Idul Fitri antara satu sama lain. Mereka akan saling berjabat tangan dan pelukan sebagai simbol kebahagian dan saling mengucapkan maaf atas kesalahan yang telah diperbuat tempo lalu.

Tidak hanya selesai sampai di situ, mereka telah menyediakan berbagai hidangan di rumah untuk menyambut sanak keluarga yang hendak bersilaturahmi.

Selama ini banyak yang memahami jika Lebaran dan Idul Fitri sebagai hari besar umat Islam, hanya saja pemaknaan terhadap Lebaran dan Idul Fitri tidak hanya sebatas itu saja, jangan sampai sebagai umat muslim tidak mengerti makna Idul Fitri yang sesungguhnya.

Lantas apa arti Lebaran dan Idul Fitri yang sebenarnya? Simak penjelasannya mengenai arti Lebaran dan Idul Fitri dalam artikel ini.

Apa Arti Lebaran dan Idul Fitri

Lebaran sendiri memiliki asal usul yaitu lebar, melekat pada kata “lebar”. Luas berarti luas. Oleh karena itu, salah satu cara merayakan Lebaran adalah dengan saling memaafkan.

Arti kata lebaran sebenarnya mempunya versi yang lain, yaitu kata lebaran berasal dari kata lebur, yang secara filosofis meleburkan dosa umat islam setelah mereka berjuang selama 30 hari dengan cara berpuasa di bulan Ramadhan.

Sedangkan makna Idul Fitri terkait dengan tujuan yang dicapai melalui puasa. Idul Fitri berasal dari kata "Id" dan "Al-Fitr". Id berasal dari Aada – ya’uudu, artinya kembali kata Fitri sendiri, maknanya ada dua, yakni suci serta berbuka. Suci dapat diartikan sebagai tidak berdosa.

Demikian penjelasan mengenai arti Lebaran dan Idul Fitri yang dapat dipelajari dan dipahami sebagai umat Islam.

NARASI ACADEMY

TERPOPULER

KOMENTAR