Arti “Whoosh”, Nama Baru Kereta Cepat Jakarta Bandung

22 September 2023 16:09 WIB

Narasi TV

Warga berfoto di depan kereta cepat setibanya di Stasiun Kereta Cepat Halim, Jakarta, Sabtu (16/9/2023). ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi/foc.

Penulis: Moh. Afaf El Kurniawan

Editor: Rizal Amril

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengumumkan bahwa pemerintah telah menetapkan nama resmi untuk Kereta Cepat Jakarta-Bandung, yaitu "Whoosh".

Budi menjelaskan bahwa penamaan ini dipilih melalui sebuah sayembara yang dilakukan oleh tim penilai khusus untuk menentukan nama kereta cepat ini, sesuai dengan arahan Presiden Joko Widodo.

"Menindaklanjuti arahan Presiden Joko Widodo, kita perlu memberikan identitas merek atau branding yang mencerminkan nilai-nilai dari kereta cepat ini, yang merupakan prestasi dan kebanggaan Indonesia," ujar Budi dalam keterangannya di Jakarta, pada Jumat (22/9/2023).

Menhub mengungkapkan bahwa sayembara ini diawasi oleh tim penilai yang dipimpin oleh Triawan Munaf sejak bulan Juli 2023. 

Tim pengarah sayembara terdiri dari Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menteri BUMN Erick Thohir, dan Menhub Budi Karya Sumadi.

Filosofi di balik nama "Whoosh" berasal dari suara lesatan kereta cepat yang akrab diucapkan oleh masyarakat, baik di Indonesia maupun internasional. 

Nama ini dianggap sesuai dengan gambaran kereta cepat yang saat ini menjadi yang tercepat di Asia Tenggara.

Selain itu, "Whoosh" juga merupakan singkatan dari "Waktu Hemat, Operasi Optimal, Sistem Handal," yang mencerminkan identitas dari kereta cepat ini. Sayembara ini diikuti oleh 10 agensi terpilih yang memiliki pengalaman dan rekam jejak yang baik.

"Dari 10 kandidat, akhirnya terpilih tiga finalis dengan karya terbaik, yang nantinya akan dinilai lagi untuk memilih satu karya terbaik," ujar Menhub.

Budi berharap bahwa penamaan ini akan meningkatkan rasa cinta dan kebanggaan terhadap kereta cepat ini yang membawa peradaban baru. 

"Hal ini juga akan membuat Indonesia semakin diakui dunia dan mendukung terwujudnya visi misi Indonesia Emas di Tahun 2045," tambahnya.

Pada kesempatan yang sama, Ketua Tim Panel Sayembara Desain Identitas Jenama Kereta Api Cepat Indonesia Triawan Munaf menyatakan bahwa pemberian identitas jenama atau branding merupakan suatu kebutuhan dalam setiap program atau produk yang diluncurkan oleh pemerintah maupun non-pemerintah.

Beberapa contoh dari kebutuhan akan desain identitas jenama ini termasuk pembuatan logo untuk peringatan HUT Kemerdekaan RI, Asian Games, dan Ibu Kota Nusantara (IKN).

"Saat ini kita memiliki kereta cepat yang perlu memiliki jenama yang sesuai, agar semakin populer dan diminati oleh masyarakat. Sekarang kita memiliki sebutan resmi untuk kereta cepat, yaitu naik 'Whoosh'," ujar Triawan.

Tiga desain jenama terbaik berasal dari agensi Visious Studio, Ou Creative, dan Feat. 

Masyarakat dapat melihat karya-karya terbaik dari para desainer jenama kereta cepat ini di situs kcic.co.id/jenamakeretaapicepat/.

Beberapa pihak yang terlibat dalam sayembara ini antara lain Kemensetneg, Kemenkomarves, Kemenhub, Kementerian BUMN, KCIC, KAI, Telkomsel, In Journey, Asosiasi Desainer Grafis Indonesia, dan Persatuan Perusahaan Periklanan Indonesia.

NARASI ACADEMY

TERPOPULER

KOMENTAR