Telan Anggaran Rp500 Juta, Patung Bung Karno di Banyuasin Dinilai Tak Mirip

22 September 2023 15:09 WIB

Narasi TV

Patung Bung Karno yang tengah dibangun di Banyuasin. Sumber: Antara.

Penulis: Nuha Khairunnisa

Editor: Margareth Ratih. F

Proyek pembangunan patung Bung Karno di kawasan Bung Karno Sport Center Banyuasin, Sumatera Selatan, ramai disorot lantaran dinilai tak mirip. 

Dengan anggaran yang digelontorkan sebesar Rp500 juta, patung itu tampak digarap secara asal-asalan. 

Mengutip data yang dilansir dari laman LPSE, diketahui bahwa pengerjaan patung Bung Karno di Banyuasin beserta aksesorisnya dilakukan melalui skema lelang. 

Lelang itu dimenangkan oleh CV Wedari Elnita Sukses yang beralamat di Kompleks Tunas Jaya 2 Nomo 1195, Kelurahan Talang Aman, Kecamatan Kemuning, Kota Palembang. 

Telan biaya Rp500 juta

Untuk merealisasikan proyek tersebut, Pekerjaan Umum Tata Ruang (PUTR) Kabupaten Banyuasin menggelontorkan pagu anggaran sebesar Rp500 juta. 

Namun, dari harga pokok satuan yang tertera yaitu Rp 498.700.000. 

Data yang sama menunjukkan harga penawaran dan harga terkoreksi senilai Rp493.289.724,82. Selain itu, terdapat pula harga negosiasi senilai Rp489.009.390.

Dinilai tak mirip

Meski patung Bung Karno di Banyuasin belum selesai dibangun, sudah banyak yang mengkritik ketidakmiripan patung itu dengan sosok asli Ir Soekarno. 

Bagian wajah patung itu tampak terlalu tembam di bagian pipi. Sementara itu, pula baju yang dikenakan dianggap terlalu kebesaran sehingga membuat sosok Bung Karno terlihat lebih gemuk. 

Kepala Dinas (Kadis) PUTR Banyuasin Ardi Arpani menyebut pihaknya telah mengecek langsung ke lokasi pembangunan tugu Bung karno di Bung karno Sport Center Banyuasin.

“Saya sudah bertanya, kalau kata pekerjanya ini belum selesai jadi belum terlihat. Nanti, dilihat saja apakah sesuai dengan gambar yang diberikan atau tidak,” kata Ardi seperti dilansir dari Kompas.com.

Menurut Ardi, pihaknya saat ini akan terus melakukan pemantauan supaya pembuatan tugu Bung karno itu tidak melenceng dari gambaran awal. 

Ardi juga menegaskan bahwa ia akan meminta kontraktor untuk membongkar patung itu jika hasil akhirnya tidak sesuai atau tidak mirip. 

“Kalau tidak sesuai, pasti kami minta bongkar dan dibuat baru,” ungkapnya. 

Sebelumnya, pembangunan patung Bung Karno di Banyuasin menuai sorotan di media sosial lantaran sosoknya yang tidak proporsional. 

Selama ini, patung-patung Bung Karno yang telah dibangun memiliki tubuh tinggi dan tegap dengan wajah yang kurus dan berwibawa, berbeda dengan patung yang ada di Banyuasin tersebut. 

NARASI ACADEMY

TERPOPULER

KOMENTAR