Astana Menjadi Sister Capital City Ibu Kota Nusantara (IKN), Hadiah 30 Tahun Kerja Sama Bilateral Kazakhstan-Indonesia

5 Jul 2023 12:07 WIB

thumbnail-article

Kepala Otorita IKN Bambang Susantono (kanan) menandatangani MoU kerja sama "sister city" dengan Gubernur Ibu Kota Astana Zhenis Kassymbek (kiri) di Kazakhstan pada Senin (3/7/2023). Sumber: Antara.

Penulis: Rusti Dian

Editor: Margareth Ratih. F

Kepala Otorita Ibu Kota Nusantara (IKN) Bambang Susantono menandatangani MoU dengan Gubernur Ibu Kota Astana Zhenis Kassymbek terkait kerja sama sister capital city (saudara ibu kota). Penandatanganan MoU ini berlangsung pada Senin (3/7/2023) di Astana, Kazakhstan.

MoU ini menandai kerja sama menguntungkan antara Astana dan Nusantara. Kerja sama tersebut mencakup bidang ekonomi, energi, transportasi, pengelolaan kota, serta budaya.

Selain itu, Astana dapat berbagi pengalaman membangun ibu kota pasca dipindahkan dari Almaty pada tahun 1998. Sedangkan Nusantara dapat berbagi praktik pembangunan sustainable forest city.

“Terima kasih kepada Presiden Joko Widodo untuk penugasan yang terhormat untuk kemajuan hubungan diplomatik Kazakhstan-Indonesia ini,”ujar Duta Besar RI untuk Kazakhstan, M. Fadjroel Rachman pada Selasa (4/7/2023).

Menurutnya, penandatanganan MoU ini menjadi hadiah terindah 30 tahun hubungan diplomatik Indonesia dan Kazakhstan. Selain itu, mantan Jubir Presiden Jokowi juga menyampaikan bahwa momen ini adalah penugasan Dubes Luar Biasa dan Berkuasa Penuh Republik Indonesia untuk Kazakhstan dan Tajikistan.

Sebelumnya, Kepala Otorita IKN berdiskusi dengan Gubernur Astana tentang pengalaman pembangunan ibu kota negara. Kassymbek pun menceritakan berbagai tantangan pembangunan yang dihadapi Astana selama 25 tahun menjadi ibu kota baru Kazakhstan.

Bambang Susantono juga menyampaikan visi dan perkembangan pembangunan IKN. Rencananya, IKN akan menjadi ibu kota pertama di dunia dengan konsep cerdas, modern, hijau, dan berkelanjutan alias sustainable forest city.

Hadiri forum investasi

Selain menandatangani MoU, kunjungan Bambang ke Astana adalah untuk menghadiri forum investasi pelaku usaha dan calon investor Kazakhstan. Bambang berkesempatan menjadi pembicara dalam acara bertajuk “Investing in Indonesia’s Future Capital: Smart and Sustainable Forest City Nusantara”.

Ia juga menghadiri Forum Internasional dan Wali Kota Dunia dalam perayaan 25 tahun Ibu Kota Astana, Kazakhstan. Forum ini dipimpin oleh Presiden Kazakhstan, Kassym-Jomart Tokaye yang berlangsung pada Rabu, 5 Juli 2023.

Selama di Kazakhstan, Bambang bersama delegasi Indonesia mengunjungi pemantauan lalu lintas Kota Astana, keamanan kota, dan Pusat Perencanaan Kota Astana. Di sana, mereka mendapat detail penjelasan tentang latar belakang dan tahap pembangunan Kota Astana dari ahli desain tata kota, Chikanayev Amanzhol.

Apa Komentarmu?

Tulis komentar

ARTIKEL TERKAIT

VIDEO TERKAIT

KOMENTAR

Latest Comment

Belum ada komentar

Jadilah yang pertama mengirimkan komentar untuk bertukar gagasan dengan pengguna lainnya

TERPOPULER