Aturan Baru! Jalan Braga Bandung Bebas Kendaraan saat Akhir Pekan

26 April 2024 21:04 WIB

Narasi TV

Pengendara melintas di kawasan Jalan Braga, Bandung, Jawa Barat, Kamis (25/4/2024). Pemerintah Kota Bandung mencanangkan penerapan uji coba program Braga Free Vehicle atau Braga tanpa kendaraan setiap hari Sabtu dan Minggu mulai Mei 2024. (Sumber: ANTARA FOTO/Novrian Arbi)

Penulis: Moh. Afaf El Kurniawan

Editor: Rizal Amril

Pemerintah Kota Bandung sedang mengembangkan rencana untuk membuat Jalan Braga di Kota Bandung menjadi zona tanpa kendaraan bermotor dan tanpa tempat parkir pada hari Sabtu dan Minggu, terutama pada akhir pekan.

Hingga saat ini Pemkot sedang mengatur lokasi parkir alternatif bagi kendaraan masyarakat yang ingin mengunjungi Jalan Braga.

Selama ini, Jalan Braga selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan pada akhir pekan, dan sering dilewati oleh kendaraan bermotor. Sebagian besar dari mereka juga memarkirkan kendaraan mereka di pinggir jalan.

Pelaksana Tugas Kepala Dinas Perhubungan Kota Bandung, Asep Koswara, mengungkapkan bahwa mereka sedang merancang rencana untuk menghentikan lalu lintas kendaraan di Jalan Braga pada akhir pekan. Tujuan utama dari rencana ini adalah untuk menjaga warisan budaya di sekitar Jalan Braga.

"Sesuai arahan pimpinan untuk Braga tanpa kendaraan kami kolaborasi, jadi menjaga heritage tempo dulu di (jalan) Braga panjang tidak ada lewat kendaraan," kata Koswara di Balai Kota Bandung, Kamis (25/4/2024) dilansir dari Republika.

Ia menjelaskan bahwa saat ini mereka sedang menyiapkan lokasi parkir alternatif untuk kendaraan yang biasanya parkir di Jalan Braga dan yang biasa melewati jalan tersebut.

Pihaknya akan menggunakan area parkir di gedung-gedung pemerintahan sekitar Jalan Braga sebagai lokasi parkir kendaraan masyarakat.

"Kami akan koordinasi dengan kantor pemerintah ada Bank Bandung, Bank BJB lalu di Jalan Naripan ada parkir on street, di Jalan Asia Afrika ada kantor keuangan, Bina Marga," imbuhnya.

Selain itu, tambahnya, akan ada lokasi parkir di basement alun-alun, daerah Cikapundung, dan di gedung eks Matahari. 

Koswara juga menyebutkan bahwa mereka akan mengantisipasi kemacetan yang mungkin terjadi akibat kebijakan Jalan Braga tanpa parkir dan tanpa kendaraan bermotor.

"Mungkin Jumat akan rapat bagaimana mengantisipasi kemacetan bersama TNI dan Polri," tutur Koswara.

Kuswara juga memperkirakan bahwa kemacetan yang mungkin terjadi akibat kebijakan tersebut akan terjadi di beberapa ruas jalan seperti Jalan Tamblong, Jalan Naripan, Jalan Asia Afrika, Jalan Lengkong Kecil, dan Jalan Banceuy.

Selain itu yang bersangkutan juga akan melakukan sosialisasi kepada masyarakat terlebih dahulu. Jika berhasil, program Jalan Braga tanpa kendaraan pada akhir pekan akan dijadikan permanen.

"Untuk Sabtu dan Ahad, bisa digabung (program) Car Free Day," kata dia.

NARASI ACADEMY

TERPOPULER

KOMENTAR