Bacaan Doa Duduk di Antara Dua Sujud Sesuai Sunnah dan Maknanya

8 Jun 2024 00:06 WIB

thumbnail-article

Seorang pria salat di luar masjid al-Amin yang kosong saat salat Jumat ditangguhkan di Beirut, Lebanon, 20 Maret. REUTERS/Mohamed Azakir

Penulis: Elok Nuri

Editor: Rizal Amril

Bacaan doa duduk di antara dua sujud merupakan salah satu doa dan gerakan yang wajib dilakukan saat melakukan salat, baik itu sholat fardu maupun sunah. 

Gerakan duduk di antara dua sujud biasanya dilakukan di antara sujud pertama menuju sujud kedua.

Duduk di antara dua sujud masuk dalam gerakan tumakninah, yaitu diam sebentar sebagai pemisah antara satu gerakan salat dengan gerakan lainnya.

Cara duduk di antara dua sujud seperti yang dicontohkan Rasulullah SAW yaitu membentangkan kaki kirinya, lalu duduk di atas telapak kaki kirinya, dan menegakkan telapak kaki kanannya serta menghadapkan jari-jari kaki kanannya ke arah kiblat.

Cara tersebut merujuk pada penjelasan Syekh Abu Bakar Muhammad Syatha dalam kitabnya, Hasyiyah I’anah at-Thalibin, berikut.

ويسن الافتراش فيجلس على كعب يسراه بعد أن يضجعها بحيث يلي ظهرها الارض، وينصب يمناه – أي قدمه اليمنى – ويضع أطراف بطون أصابعها منها على الارض متوجها للقبلة.

Artinya, “Disunahkan duduk iftirasy, yakni duduk di atas mata kaki yang kiri setelah menyandarkan kaki kiri tersebut sekiranya bagian kaki kiri yang atas menempel pada lantai dan menegakkan kaki kanan dan meletakkan ujung jari-jari kaki kanan di lantai dengan menghadapkannya pada arah kiblat.”

Doa duduk di antara dua sujud

رب اغْفِرلي وَارْحَمْنِى واجبرني وَارْفَعْنِي وَارْزُقْنِى وَاهْدِنِى وَعَافِنِى وَاعْفُ عَنِّى

Robbighfirlii warhamnii wajburnii warfa'nii warzuqnii wahdinii wa'aafinii wa'fu 'annii.

Artinya, "Ya Allah ampunilah aku, rahmatilah aku, perbaikilah keadaanku, tinggikanlah derajatku, berilah rezeki, dan petunjuk untukku."

Doaduduk di antara dua sujud versi Rasulullah SAW

Bacaan ini merujuk pada hadis yang diriwayatkan oleh At Tirmidzi dari Abdullah bin Abbas radhiallahu'anhuma berikut ini.

أنَّ النَّبيَّ صلَّى اللَّهُ علَيهِ وسلَّمَ كانَ يقولُ بينَ السَّجدَتَينِ : اللَّهمَّ اغفِر لي وارحَمني واجبُرني واهدِني وارزُقني

Artinya: "Biasanya Rasulullah Shallallahu'alaihi Wasallam ketika duduk di antara dua sujud beliau membaca:‘Allahummaghfirli warahmnii, wajburnii, wahdini, warzuqnii.’”

Makna duduk di antara dua sujud

Makna bacaan duduk di antara dua sujud tentulah bermakna mendalam, seperti permohonan ampun dan juga arahan untuk selalu dibimbing ke jalan yang benar.

Berikut ini adalah makna bacaan duduk di antara dua sujud jika diartikan kata perkata:

رب اغْفِرلي Rabbighfirlii = Ya Tuhanku ampunilah aku,

وَارْحَمْنِى Warhamnii =  dan sayangi aku,

واجبرني Wajburnii = dan tutuplah aib-aibku,

وَارْفَعْنِي Warfa'nii = dan angkatlah derajatku,

وَارْزُقْنِى Warzuqnii = dan berilah aku rezeki,

وَاهْدِنِى Wahdinii = dan berilah aku petunjuk,

وَعَافِنِى Wa'aafinii = dan sehatkanlah aku,

اعْفُ عَنِّى Wa'fuannii = dan maafkanlah aku.

Demikianlah doa duduk di antara dua sujud ketika melakukan salat. Setiap muslim dapat melafalkan doa di atas ketika menunaikan ibadah salat baik yang bersifat fardu maupun sunah.

Dapatkan berbagai macam kumpulan doa dalam bentuk buku saku yang memudahkan kalian untuk membaca dimanapun dan kapanpun. Cek harganya disini.

Apa Komentarmu?

Tulis komentar

ARTIKEL TERKAIT

VIDEO TERKAIT

KOMENTAR

Latest Comment

Belum ada komentar

Jadilah yang pertama mengirimkan komentar untuk bertukar gagasan dengan pengguna lainnya

TERPOPULER