Bacaan Sholawat Fatih dengan Lafaz Arab, Latin, dan Terjemahannya

18 Mar 2024 03:03 WIB

thumbnail-article

Peziarah Muslim berdoa di Gunung Al-Noor, di mana umat Islam percaya Nabi Muhammad menerima kata-kata pertama Alquran melalui Jibril di gua Hera, menjelang ziarah haji tahunan di kota suci Mekkah, Arab Saudi 18 Agustus 2018. REUTERS / Zohra Bensemra

Penulis: Elok Nuri

Editor: Rizal Amril

Sholawat Fatih merupakan salah satu selawat yang sering dilafakan oleh masyarakat muslim.

Dalam Islam, membaca selawat merupakan salah satu bentuk ikhtiar kepada Allah dengan melantunkan puji-pujian kepada Nabi Muhammad SAW.

Sayyid Muhammad al-Bakri juga seringkali menyebut sholawat Fatih dengan sholawat Al Fath. Makna dari Sholawat Fatih adalah "pembuka pintu 'arsy". 

Sholawat Fatih termasuk dalam selawat yang istimewa karena keutamaan selawat ini, menurut para ulama, begitu besar.

Doa sholawat Fatih

Berikut ini adalah bacaan sholawat Fatih dalam lafaz Arab, latin, dan terjemahan bahasa Indonesianya.

  اللَّهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ وَبَارِكْ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ الفَاتِحِ لِمَا أُغْلِقَ وَالخَاتِمِ لِمَا سَبَقَ وَالنَّاصِرِ الحَقَّ بِالحَقِّ وَالهَادِي إِلَى صِرَاطٍ مُسْتَقِيْمٍ. صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَعَلَى اَلِهِ وَأَصْحَابِهِ حَقَّ قَدْرِهِ وَمِقْدَارِهِ العَظِيْمِ  

Allāhumma shalli wa sallim wa bārik ‘alā sayyidinā Muhammadinil Fātihi limā ughliqa, wal khātimi limā sabaqa, wan nāshiril haqqā bil haqqi, wal hādī ilā shirātin mustaqīm (ada yang baca 'shirātikal mustaqīm'). Shallallāhu ‘alayhi, wa ‘alā ālihī, wa ashhābihī haqqa qadrihī wa miqdārihil ‘azhīm.  

Artinya,“Ya Allah, limpahkanlah selawat, salam, dan keberkahan kepada junjungan kami, Nabi Muhammad SAW, pembuka apa yang terkunci, penutup apa yang telah lalu, pembela yang hak dengan yang hak, dan petunjuk kepada jalan yang lurus. Semoga Allah melimpahkan shalawat kepadanya, keluarga dan para sahabatnya dengan hak derajat dan kedudukannya yang agung.”  

Dalam kitab Perukunan Melayu yang ditulis Tuan Guru Haji Abdurrasyid, Syekh Al-Arif Al Kubro pernah menjelaskan bahwa sholawat Fatih memiliki keutamaan atau fadilat yang luar biasa.

“Kata Syekh Al-Arif Al-Kubra, ‘Barang siapa membaca selawat ini seumur hidupnya sekali, niscaya ia dipelihara Allah Ta‘ala dari api neraka dan mewajibkan baginya husnulkhatimah.’”

Selain itu, kitab Jawahir al-Ma'ani juga menjelaskan keutamaan selawat Fatih. Dalam kitab tersebut, Syekh Ahmad at Tijany berkata:

"Keistimewaan selawat Al Fatih sangat sulit diterima oleh akal, karena ia merupakan rahasia Allah SWT yang tersembunyi. Seandainya ada 100.000 bangsa, yang setiap bangsa itu terdiri dari 100.000 kaum, dan setiap kaum berdiri dari 100.000 orang, dan setiap orang diberi umur panjang oleh Allah Swt. sampai 100.000 tahun, dan setiap orang berselawat kepada nabi setiap hari sebanyak 100.000x, semua pahala itu belum dapat menandingi pahala membaca selawat Al Fatih sebanyak 1x."

Apa Komentarmu?

Tulis komentar

ARTIKEL TERKAIT

VIDEO TERKAIT

KOMENTAR

Latest Comment

Belum ada komentar

Jadilah yang pertama mengirimkan komentar untuk bertukar gagasan dengan pengguna lainnya

TERPOPULER