Bacaan Sholawat Tibbil Qulub dengan Lafaz Arab, Latin, Beserta Faedahnya

20 Jan 2023 16:01 WIB

thumbnail-article

Seorang Muslim melaksanakan salat Idul Adha di kota Kolkata, India timur 9 Desember 2008. REUTERS/Parth Sanyal

Penulis: Elok Nuri

Editor: Rizal Amril

Sholawat tibbil qulub merupakan salah satu selawat kepada Nabi Muhammad SAW. Melakukan selawat kepada Rasulullah merupakan salah satu hal yang utama dalam Islam.

Selawat kepada Nabi Muhammad SAW terhitung banyak jumlah dan jenisnya. Selain selawat tibbil qulub, terdapat juga selawat Jibril, selawat Nariyah, selawat matsurah, dan masih banyak lagi. 

Dalam Islam, keutamaan berselawat kepada Rasulullah telah dijelaskan dalam Al-Quran surat Al-Ahzab ayat 56 berikut.

إِنَّ اللهَ وَمَلَائِكَتَهُ يُصَلُّونَ عَلَى النَّبِيِّ ۚ يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا صَلُّوا عَلَيْهِ وَسَلِّمُوا تَسْلِيمًا

Artinya: “Sesungguhnya Allah dan malaikat-malaikat-Nya berselawat untuk Nabi. Hai orang-orang yang beriman, bershalawatlah kamu untuk Nabi dan ucapkanlah salam penghormatan kepadanya.” (QS. Al-Ahzab: 56).

Melansir buku kumpulan zikir Majmu’ah Maqruat Yaumiyah wa Usbu’iyah yang ditulis oleh KH Muhammad bin Abdullah Faqih, selawat tibbil qulub memiliki faedah atau keutamaan untuk menjadi obat bagi segala penyakit.

Pada halaman 42 buku tersebut, KH Muhammad bin Abdullah Faqih menulis:

صلوات طب القلوب منيكا مجرب كاغكى أنجاكي كصحاتان بدان لن دادوس تومبا سدايا فياكيت ظاهر أتاوي باطن  

Artinya: “Selawat tibbil qulub ini teruji (berfaedah) untuk menjaga kesehatan tubuh dan menjadi obat segala penyakit lahir maupun batin.” 

Faedah ini berlaku bagi seseorang yang istikamah membaca selawat satu ini. Orang yang istikamah membacanya akan diberikan kesehatan, baik itu lahir dan batin atas seizin Allah SWT.

Sementara melansir kanal YouTube-nya, Buya Yahya menjelaskan dalam sebuah ceramahnya bahwa bacaan selawat tibbil qulub bisa menyembuhkan penyakit hati.

"Tibbil qulub [itu] boleh, karena mungkin ada niat saya sering sakit-sakitan. Hati saya sering sakit. Sakit apa? Tetangga bangun rumah kok sakit, saya kok ngiri. Sakit hati itu namanya. Itu sakit hati diobati, berselawat, hadirkan Nabi di hati kita, kecintaan kepada Rasulullah. [selawat tibbil qulub] itu menjadikan obat hati," kata Buya Yahya.

Bacaan sholawat tibbil qulub

Berikut ini merupakan bacaan selawat tibbil qulub yang dapat menjadi obat penyakit, baik penyakit lahiriah maupun rohaniah.

أَللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ طِبِّ الْقُلُوْبِ وَدَوَائِهَا وَعَافِيَةِ الأَبْدَانِ وَشِفَائِهَا وَنُوْرِ الأَبْصَارِ وَضِيَائِهَا وَعَلَى آَلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلِّمْ

Allohumm sholli 'ala sayyidina Muhammadin tibbil quluubi wa dawaa-iha Wa 'aafiyatil abdaani wa syifa-iha, wa nuuril abshoori wa dliyaa-iha wa 'ala aalihi wa shahbihi wa sallim.

Artinya:

“Ya Allah, limpahkanlah rahmat kepada baginda kami Nabi Muhammad yang menjadi obat dan penyembuhan hati, penyehat dan penyelamat badan, cahaya dan sinar penglihatan, dan limpahkan kepada keluarga dan sahabat-sahabatnya, dan berilah kesejahteraan."

Apa Komentarmu?

Tulis komentar

ARTIKEL TERKAIT

VIDEO TERKAIT

KOMENTAR

Latest Comment

Belum ada komentar

Jadilah yang pertama mengirimkan komentar untuk bertukar gagasan dengan pengguna lainnya

TERPOPULER