Bacaan Sholawat Nariyah, Arab, Latin dan Juga Terjemahannya

17 Jan 2023 14:01 WIB

thumbnail-article

Seorang muslim sedang sholat (Pexels)

Penulis: Elok Nuri

Editor: Rizal Amril

Sholawat Nariyah merupakan salah satu amalan yang populer di antara puji-pujian lain seperti wirid ba’da salat, hizib, ratib, dan selawat-selawat lain.

Sholawat Nariyah sendiri termasuk dalam selawat ghairu ma’tsurat yang artinya selawat tersebut bukan berasal dari Nabi Muhammad SAW langsung.

Mengutip buku karya M. Kamaludin yang berjudul Rahasia Dahsyat Shalawat: Keajaiban Lafadz Rasulillah Saw (2016), selawat Nariyah diciptakan oleh Syekh Nariyah. 

Menurut M. Kamaludin, Syekh Nariyah hidup sezaman dengan Rasulullah SAW.

M. Kamaluddin juga menjelaskan bahwa Syekh Nariyah sangat meneladani Nabu Muhammad SAW sebagai Rasul yang sangat mulia.

Hingga suatu hari Syekh Nariyah membaca selawatnya untuk Nabi Muhammad SAW, mendoaan keselamatan Rasulullah dan memohon agar diberikan karomahnya.

Syekh Nariyah kemudian meminta secara langsung agar diperbolehkan dimasukkan surga bersama Rasulullah di akhirat nanti, permohonan tersebut diamini oleh Rasulullah.

Keutamaan sholawat

Keutamaan selawat juga telah diperintahkan oleh Allah SWT dalam Al-Quran surat Al- Ahzab ayat 56.

اِنَّ اللّٰهَ وَمَلٰۤىِٕكَتَهٗ يُصَلُّوْنَ عَلَى النَّبِيِّۗ يٰٓاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْا صَلُّوْا عَلَيْهِ وَسَلِّمُوْا تَسْلِيْمًا

Artinya: "Sesungguhnya Allah dan para malaikat-Nya bershalawat untuk Nabi. Wahai orang-orang yang beriman! Berselawatlah kamu untuk Nabi dan ucapkanlah salam dengan penuh penghormatan kepadanya." (QS Al Ahzab: 56)

Dalam riwayat hadis juga dijelaskan keutamaan membaca selawat adalah mendapat ganjaran pahala yang berlipat seperti hadis riwayat Imam Muslim berikut ini:

مَنْ صَلَّى عَلَىَّ وَاحِدَةً صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ عَشْرًا

Artinya, “Siapa saja yang berselawat kepadaku sekali, niscaya Allah berselawat kepadanya sepuluh kali.” (HR Muslim).

Bacaan sholawat Nariyah

اَللّٰهُمَّ صَلِّ صَلَاةً كَامِلَةً وَسَلِّمْ سَلَامًا تَامًّا عَلىٰ سَيِّدِنَا مُحَــمَّدِ  ࣙالَّذِيْ تَنْحَلُّ بِهِ الْعُقَدُ وَتَنْفَرِجُ بِهِ الْكُرَبُ وَتُقْضٰى بِهِ الْحَوَائِجُ وَتُنَالُ بِهِ الرَّغَائِبُ وَحُسْنُ الْخَوَاتِمِ وَيُسْتَسْقَى الْغَمَامُ بِوَجْهِهِ الْكَرِيْمِ وَعَلىٰ اٰلِهِ وِصَحْبِهِ فِيْ كُلِّ لَمْحَةٍ وَ نَفَسٍ بِعَدَدِ كُلِّ مَعْلُوْمٍ لَكَ

Allâhumma shalli shalâtan kâmilatan wa sallim salâman tâmman `alâ sayyidinâ Muḫammadinil-ladzi tanḫallu bihil-`uqadu wa tanfariju bihil-kurabu wa tuqdlâ bihil-ḫawâiju wa tunâlu bihir-raghâ’ibu wa ḫusnul-khawâtimi wa yustasqal-ghamâmu biwajhihil-karîmi wa `alâ âlihi wa shaḫbihi fî kulli lamḫatin wa nafasin bi`adadi kulli ma`lûmilak(a).

Artinya: "Ya Allah, limpahkanlah shalawat yang sempurna dan curahkanlah salam kesejahteraan yang penuh kepada junjungan kami Nabi Muhammad, yang dengan sebab beliau semua kesulitan dapat terpecahkan, semua kesusahan dapat dilenyapkan, semua keperluan dapat terpenuhi, dan semua yang didambakan serta husnul khatimah dapat diraih, dan berkat dirinya yang mulia hujanpun turun, dan semoga terlimpahkan kepada keluarganya serta para sahabatnya, di setiap detik dan hembusan nafas sebanyak bilangan semua yang diketahui oleh Engkau."

Apa Komentarmu?

Tulis komentar

ARTIKEL TERKAIT

VIDEO TERKAIT

KOMENTAR

Latest Comment

Belum ada komentar

Jadilah yang pertama mengirimkan komentar untuk bertukar gagasan dengan pengguna lainnya

TERPOPULER