Jelang Mudik Lebaran, Catat 9 Barang Penting yang Perlu Dibawa Agar Perjalanan Lancar

7 Apr 2023 11:04 WIB

thumbnail-article

Seseorang yang sedang melakukan perjalanan. Sumber: Pexel.

Penulis: Nuha Khairunnisa

Editor: Margareth Ratih. F

Menjelang Hari Raya Idulfitri, sebagian besar masyarakat Indonesia disibukkan dengan persiapan mudik. Salah satu persiapan yang dilakukan jelang mudik adalah menentukan bawang bawaan yang hendak dibawa ke kampung halaman.

Supaya perjalanan mudik berjalan lancar, kamu perlu membawa barang-barang esensial yang akan membuat perjalanan mudik menjadi mudah dan nyaman.

Lantas, apa saja barang-barang yang penting dibawa saat mudik?

  • Dokumen penting

Barang pertama yang penting untuk dibawa saat mudik adalah dokumen-dokumen penting. Kamu mungkin akan sedikit kerepotan jika ketinggalan membawa beberapa dokumen ketika melakukan perjalanan jarak jauh. 

Dokumen-dokumen penting yang dimaksud antara lain:

  • Tiket kendaraan jika mudik menggunakan kendaraan umum
  • Kartu tol jika mudik menggunakan mobil pribadi
  • Kartu identitas seperti KTP 
  • Surat-surat kendaraan (STNK) dan izin mengemudi (SIM) jika membawa kendaraan pribadi
  • Sertifikat vaksinasi 

Selain dokumen di atas, kamu juga sebaiknya mencari informasi terbaru dari pemerintah atau petugas terkait tentang persyaratan dokumen yang perlu dibawa saat mudik. 

Bagi kamu yang hendak mudik menggunakan kendaraan umum, pastikan juga seluruh peraturan maupun persyaratan telah terpenuhi supaya mudik berjalan aman dan lancar. 

  • Obat-obatan dan kotak P3K

Ketika melakukan perjalanan jauh, badan biasanya mudah lelah. Selain itu, kita juga tidak bisa memprediksi hal-hal tidak diinginkan yang mungkin terjadi di dalam perjalanan. 

Oleh karena itu, pemudik perlu membawa obat-obatan dan perlengkapan P3K yang meliputi:

  • Kasa dan plester
  • Pembersih luka
  • Cairan antiseptik
  • Obat-obatan generik
  • Obat mabuk perjalanan
  • Peralatan reparasi dan spare part kendaraan

Jika mudik menggunakan kendaraan pribadi, kamu perlu membawa peralatan reparasi serta cadangan spare part kendaraan. Barang-barang ini akan sangat dibutuhkan di situasi darurat, misalnya ketika terjadi masalah pada kendaraan saat berada wilayah yang terpencil dan sulit akses. 

Meski begitu, jangan lupa untuk tetap melakukan servis kendaraan sebelum berangkat mudik. 

  • Alat komunikasi

Meski hampir selalu membawanya ke mana-mana, terkadang kita masih saja ketinggalan membawa handphone. Hal ini terutama dapat terjadi ketika kita sedang terburu-buru.

Padahal, ketinggalan handphone pastinya akan sangat merepotkan sebab kita jadi kesulitan untuk berkomunikasi. Oleh sebab itu, selalu pastikan bahwa handphone-mu sudah masuk ke dalam tas sebelum berangkat mudik.  

  • Power bank

Perjalanan mudik biasanya memakan waktu yang panjang, terutama jika lokasi kampung halaman berada di luar kota yang jaraknya cukup jauh. Belum lagi jika kita menjumpai kemacetan di tengah jalan.

Dalam situasi seperti ini, kehadiran power bank tentunya sangat berguna untuk memastikan handphone tidak kehabisan baterai. Dengan begitu, handphone tetap dapat digunakan untuk berbagai keperluan seperti melihat maps atau mengabari orang-orang terdekat.

  • Uang tunai secukupnya

Barang selanjutnya yang penting untuk dibawa saat mudik adalah uang tunai. Meski saat ini tren pembayaran nontunai atau cashless tengah marak, membawa uang tunai saat mudik tetaplah perlu. 

Di tengah perjalanan, kita mungkin akan mampir ke tempat makan atau warung untuk membeli sesuatu. Perlu diingat bahwa tidak semua tempat menyediakan opsi pembayaran nontunai. Pada situasi semacam ini, memegang uang tunai tentunya akan mempermudah urusan.

  • Bantal leher

Saat mudik menggunakan kendaraan pribadi maupun kendaraan umum, kemungkinan besar kita akan tidur sejenak. Membawa bantal leher akan sangat bermanfaat untuk menopang leher saat tidur. Dengan menggunakan bantal leher, kamu bisa tidur lebih nyaman dan terhindar dari sakit leher ketika bangun.

  • Makanan dan minuman

Jika melakukan mudik saat bulan puasa, kamu mungkin harus berbuka puasa di perjalanan. Untuk mengantisipasi hal ini, kamu perlu membawa makanan ringan dan minuman untuk mengganjal perut sebelum mampir makan di rest area atau rumah makan untuk bersantap. 

  • Kantong plastik

Dalam perjalanan jauh, kantong plastik memiliki banyak kegunaan, misalnya untuk menampung muntahan bagi pemudik yang mengalami mabuk perjalanan.

Selain itu, kantong plastik juga bisa digunakan sebagai tempat sampah darurat. Ingat, jangan membuang sampah sembarangan dalam situasi apa pun, ya!

Itu tadi 9 barang yang penting untuk dibawa saat mudik. Semoga mudikmu tahun ini berjalan aman, nyaman, dan lancar, ya. 

Apa Komentarmu?

Tulis komentar

ARTIKEL TERKAIT

VIDEO TERKAIT

KOMENTAR

Latest Comment

Belum ada komentar

Jadilah yang pertama mengirimkan komentar untuk bertukar gagasan dengan pengguna lainnya

TERPOPULER