Ingin Persahabatan Lawan Jenis Tetap Awet? Terapkan 5 Batasan Ini

2 Nov 2023 13:11 WIB

thumbnail-article

Ilustrasi persahabatan perempuan dan laki-laki. Sumber: Freepik.

Penulis: Rusti Dian

Editor: Margareth Ratih. F

Siapa yang masih belum move on dari Petualangan Sherina 2? Film ini masih banyak diperbincangkan lantaran persahabatan Sherina Munaf dan Derby Romero yang awet meski berbeda identitas gender. Kira-kira adakah batasan persahabatan beda jenis kelamin, terlebih jika memiliki pasangan?

Tak ada larangan bagi siapapun untuk menjalin hubungan persahabatan sekalipun berbeda identitas. Sebab, kecocokan dan kenyamanan tak mengenal perbedaan tersebut. Meski begitu, hubungan persahabatan ini kerap dicurigai dan dipertanyakan motifnya.

Salah satu masalah yang bisa muncul adalah perasaan. Seringkali persahabatan berbeda jenis kelamin ini akan diuji soal perasaan. Tak bisa dipungkiri bahwa benih-benih ketertarikan akan muncul, terlebih jika keduanya merasa nyaman dan cocok.

Namun, yang perlu diingat adalah apa tujuan dari masing-masing pihak dalam menjalin hubungan dekat. Ada yang cocok menjadi teman baik dan saling menjaga satu sama lain, ada pula yang diam-diam saling menyimpan perasaan. 

Batasan persahabatan lawan jenis

Berikut ini batasan persahabatan lawan jenis yang harus diperhatikan, terlebih jika memiliki pasangan:

  • Berkumpul berkelompok

Meski nyaman berdua, tak ada salahnya jika sesekali berkumpul bersama teman yang lain. Siapa tahu dengan berkumpul, kamu bisa menemukan kenyamanan yang lain sehingga pertemananmu bisa lebih luas.

  • Hormati hubungan satu sama lain

Terkadang pasanganmu ragu dengan persahabatan lawan jenis. Anggapan bahwa salah satunya terbawa perasaan tentu tak bisa diindahkan. Oleh karena itu, jika pasangan meminta adanya batasan dengan teman lawan jenismu, cobalah untuk menerima selagi alasannya masuk akal.

  • Hindari curhat soal pasangan dengan sahabat

Seberat apapun masalah dengan pasangan, hindari curhat dengan sahabat lawan jenis. Hal ini dikarenakan adanya perbedaan psikologis antara laki-laki dan perempuan.

Perempuan cenderung akan menyimak, berkomentar, dan merasa senasib. Lain halnya dengan laki-laki yang merasa perlu melindungi dan memberikan solusi.

  • Jangan melakukan kontak fisik mendalam

Sebaiknya hindari kontak fisik mendalam seperti berpelukan atau berciuman. Hal ini bertujuan untuk menjaga perasaan pasangan masing-masing. Pertimbangkan juga pandangan keluarga besar dan masyarakat jika kontak fisik mendalam sampai terjadi.

  • Pertimbangkan sopan santun

Batasan terakhir yaitu sopan santun. Jika hubungan persahabatan kalian direspons negatif oleh pasangan atau orang lain, maka kamu perlu memperbaiki hubungan persahabatan tersebut. Jangan pernah memberlakukan standar pribadi, terlebih jika bertentangan dengan norma di masyarakat.

Harapannya batasan ini dapat membuat hubungan persahabatan kalian lebih harmonis dengan tetap menjaga perasaan pasangan masing-masing. Semoga bermanfaat!

Apa Komentarmu?

Tulis komentar

ARTIKEL TERKAIT

VIDEO TERKAIT

KOMENTAR

Latest Comment

Belum ada komentar

Jadilah yang pertama mengirimkan komentar untuk bertukar gagasan dengan pengguna lainnya

TERPOPULER