Tips Elegan Menghadapi Teman Pick Me di Tongkrongan

28 Oct 2023 12:10 WIB

thumbnail-article

Ilustrasi tiga perempuan yang sedang duduk di sofa. Sumber: Freepik.

Penulis: Rusti Dian

Editor: Margareth Ratih. F

Pernah mendengar istilah pick me? Istilah ini sering muncul di sosial media untuk menggambarkan seseorang yang terkesan berusaha tampil beda dari yang lainnya. Perilaku ini tak ayal membuat orang-orang di sekitarnya tidak nyaman. Lantas, bagaimana cara menghadapi teman yang pick me?

Jika diterjemahkan dari bahasa Inggris, pick me artinya jemput aku. Secara definitif, pick me adalah seseorang yang bersedia melakukan apapun demi mendapat persetujuan atau validasi dengan cara tampil beda dari kelompoknya dan merendahkan orang lain.

Perilaku pick me bisa dilakukan oleh perempuan dan laki-laki. Pada dasarnya, pick me ingin mendapatkan perhatian dari orang lain. Pelaku pick me akan mencari validasi bahwa dirinya bisa tampil berbeda dari sesamanya.

Contoh pick me adalah ketika ada seorang perempuan yang mengaku tidak suka make up. Dia terus membicarakan kepada orang-orang, terlebih ke teman laki-laki. Bahkan dia akan merendahkan perempuan lain yang sering menggunakan make up. Dia tahu bahwa laki-laki banyak yang lebih menyukai perempuan natural daripada yang bersolek.

Tentu saja perilaku seperti itu membuat orang lain tidak nyaman. Apalagi persaingan yang timbul adalah dengan sesama gender. Keberadaan pick me juga tak jarang membuat hubungan pertemanan merenggang.

Lantas, bagaimana cara elegan menghadapi teman yang pick me?

Cara menghadapi teman pick me

Berikut cara menghadapi teman yang pick me:

  • Imbangi percakapannya

Seseorang yang pick me akan selalu menonjolkan dirinya. Alih-alih membalas dengan ikut menonjolkan diri, kamu bisa berfokus pada inti pembicaraan dan berpendapat 

  • Fokus pada kelebihan bersama

Usahakan sebisa mungkin tidak kompetitif saat mendengar ceritanya. Sebaliknya, kamu bisa alihkan percakapan pada sesuatu yang bisa dicapai bersama sebagai tim atau kelompok. Dengan begitu, keinginan untuk bersaing akan berkurang dengan sendirinya.

  • Beri apresiasi pada saat yang tepat

Menghadapi pick me memang cukup menantang. Sesekali kamu bisa memberikan apresiasi atas prestasi yang telah dilakukannya. Hal ini akan membangun ikatan positif dan meningkatkan kepercayaan diri. 

  • Hindari respons berlebihan

Disadari atau tidak, perilaku pick me muncul karena seseorang sedang mencari perhatian. Maka, hindari memberi reaksi berlebihan atau perhatian pada perilaku tersebut. Kamu bisa mengarahkan kembali ke tujuan utama pembicaraan untuk menghindari pick me berkelanjutan.

  • Jaga batasan dengan bijak

Dengan menetapkan batasan, kamu bisa terhindar dari perilaku pick me. Kamu boleh membicarakan bahwa perilakunya membuat tidak nyaman. Ketika kamu bersikap terbuka, maka masalah ini bisa terselesaikan dengan baik.

Sekian cara yang bisa dilakukan untuk menghadapi seseorang yang pick me. Pemahaman adalah kunci agar masalah ini dapat terselesaikan. Semoga bermanfaat!

Apa Komentarmu?

Tulis komentar

ARTIKEL TERKAIT

VIDEO TERKAIT

KOMENTAR

Latest Comment

Belum ada komentar

Jadilah yang pertama mengirimkan komentar untuk bertukar gagasan dengan pengguna lainnya

TERPOPULER