Bayar MRT Singapura Bisa Pakai Kartu Apa Saja?

27 Mei 2024 13:05 WIB

Narasi TV

oversteer48.com

Penulis: Nuha Khairunissa

Editor: Indra Dwi

Singapura menjadi salah satu destinasi wisata favorit bagi sebagian orang Indonesia. Selain jaraknya yang dekat, Singapura juga menawarkan pengalaman yang berbeda melalui tata kotanya yang modern dan perpaduan budayanya yang kental. 

Salah satu kelebihan Singapura yang membuatnya menarik di mata pelancong Indonesia adalah akses transportasinya yang serba mudah. Moda transportasi Mass Rapid Transit (MRT) siap menemani turis berkeliling Negeri Singa. 

Tarif MRT juga tergolong lebih murah jika dibandingkan naik taksi. Mulai dari 0,83 SGD hingga 1,78 SGD, pelancong sudah bisa berwisata naik MRT tanpa takut nyasar. Sebab, sebagian besar tempat wisata terkenal di Singapura dapat ditempuh dari stasiun-stasiun MRT. 

Untuk naik MRT di Singapura, pelancong bisa memilih tiga opsi pembayaran yakni menggunakan kartu Singapore Tourist Pass (STP), EZ-Link, NETS FlashPay, atau kartu Visa contactless

Kartu pembayaran MRT Singapura

1. Singapore Tourist Pass (STP)

Kartu ini menjadi pilihan banyak wisatawan yang ingin berkeliling Singapura menggunakan transportasi umum, tak hanya MRT melainkan juga bus. Sebab, kartu STP bersifat unlimited dan tidak memiliki batasan penggunaan transum. 

Karena ditujukan bagi turis, masa berlaku kartu STP cukup singkat yakni satu sampai tiga hari saja. Terdapat tiga jenis kartu yang dapat dipilih berdasarkan masa berlakunya yakni satu hari (10 SGD), dua hari (16 SGD), dan tiga hari (20 SGD). 

Kartu STP dapat dibeli di Kantor Tiket TransitLink di stasiun MRT tertentu, Concession Card Replacement Office di stasiun Somerset, atau melalui Automated STP Kiosk di stasiun Orchard, stasiun HarbourFront, dan stasiun Changi Airport (Terminal 2 dan 3) di dekat Kantor Tiket TransitLink. 

2. EZ-Link

Kartu yang dapat digunakan untuk membayar MRT Singapura selanjutnya adalah EZ-Link. Kartu ini dibanderol seharga 12 SGD yang telah berisi saldo sebesar 7 SGD. 

Masa berlaku kartu EZ-Link cukup lama yakni lima tahun. Jadi, kartu ini bisa disimpan untuk digunakan saat bertandang kembali ke Singapura. 

Kartu EZ-Link bisa dibeli di setiap Kantor Tiket TransitLink atau toko serba ada (toserba).

3. NETS FlashPay

Sama seperti EZ-Link, kartu NETS FlashPay bisa digunakan untuk membayar MRT jika saldonya mencukupi. Masa berlaku kartu ini sedikit lebih lama dibandingkan EZ-Link yakni tujuh tahun. 

Kartu NETS FlashPay juga dapat dibeli di Kantor Tiket TransitLink atau toserba seperti 7-Eleven, Buzz Pods, Cheers, dan FairPrice Xpress dengan harga 12 SGD, termasuk saldo sebesar 7 SGD.

4. Visa contactless

Terakhir, pembayaran MRT Singapura dapat dilakukan menggunakan Mastercard yang diterbitkan di luar negeri dan kartu Visa contactless yang diterbitkan di luar Singapura. Jika Anda memiliki kartu Visa contactless dari bank apa saja, Anda bisa melakukan pembayaran tarif transportasi publik di Singapura dengan lebih mudah dan praktis. 

Nah, itu dia beberapa kartu yang bisa digunakan untuk membayar MRT di Singapura. Semoga informasi ini bermanfaat!




NARASI ACADEMY

TERPOPULER

KOMENTAR