Profil Forrest Li, Pendiri Shopee yang Sempat Jadi Orang Terkaya di Singapura

22 Mei 2024 20:05 WIB

Narasi TV

suno.com

Penulis: Rusti Dian

Editor: Indra Dwi

Siapa yang tidak tahu platform e-commerce Shopee? Aplikasi belanja online ini sangat populer di berbagai negara, termasuk Indonesia. Namun, tidak banyak yang tahu siapa pendiri aplikasi oranye tersebut. Berikut profil Forrest Li pendiri Shopee.

Shopee merupakan salah satu platform belanja online yang populer di Indonesia. Marketplace ini menguasai pasar Asia Tenggara, tak heran jika Shopee meraup keuntungan cukup besar.

Kesuksesan Shopee tidak terlepas dari pendirinya bernama Forrest Li. Namanya tidak asing bagi pebisnis digital dunia. Terlebih Forrest Li juga masuk dalam jajaran orang terkaya di Singapura dengan kekayaan mencapai USD 13,2 miliar atau sekitar Rp193 triliun menurut data Forbes.

Tidak hanya Shopee, Forrest Li juga menjalankan perusahaan game online bernama Garena. Keduanya bersama Airpay Limited berada di bawah payung Sea Group (Sea Ltd) yang berbasis di Singapura.

Lantas, siapakah Forrest Li?

Profil Forrest Li, pendiri Shopee

Forrest Xiaodong Li atau dikenal dengan Forrest Li lahir di Tianjin, China pada 1978. Tak lama setelah itu, Forrest Li pindah ke Singapura dan melanjutkan sekolah di sana. Ia lulusan teknik Shanghai Jiaotong University dan meraih gelar MBA dari Stanford Graduate School of Business di Amerika Serikat.

Setelah lulus, Forrest Li bekerja sebagai perekrut di perusahaan Motorola yang bertempat di Shanghai. Hari-harinya yang jenuh membuat Forrest Li selalu menghabiskan malam di kafe-kafe internet untuk bermain game. Siapa sangka bahwa kini game menjadi titik awal kesuksesannya sebagai konglomerat.

Di awal usia 30an, Forrest Li mendirikan usaha Garena di Singapura. Seiring berjalannya waktu, Garena berkembang menjadi perusahaan yang menaungi banyak game populer seperti Garena Free Fire dan Call of Duty Mobile.

Kesuksesannya mendirikan bisnis game membuat Forrest Li melebarkan sayap untuk mendirikan perusahaan e-commerce. Ia mulai mendirikan Shopee di Singapura pada 2015 bersamaan dengan AirPay yang kini berganti nama menjadi SeaMoney. 

Shopee diperkenalkan sebagai social-first dan mobile-centric marketplace. Pengguna bisa menelusuri, berbelanja, dan menjual produk di Shopee. Dengan cepat, bisnis ini dapat merambah sejumlah negara di Asia Tenggara, Asia Timur, dan Amerika Serikat. 

Hal ini tentu saja didukung modal besar yang dikeluarkan oleh Forrest Li. Tak tanggung-tanggung, Forrest Li menjadikan pemain bola internasional, Cristiano Ronaldo menjadi brand ambassador Shopee.

Kepiawaiannya dalam berbisnis membuat Forrest Li sempat menjadi orang terkaya di Singapura. Sayangnya, jumlah kekayaan Forrest Li mengalami kemerosotan karena beberapa faktor, salah satunya perang Ukraina dan Rusia.

Topik:

NARASI ACADEMY

TERPOPULER

KOMENTAR