Beda dengan Anies-Muhaimin, Surya Paloh Tegaskan Nasdem Terima Hasil Pilpres & Pileg 2024: Selamat Pasangan Prabowo dan Gibran

21 Maret 2024 11:03 WIB

Narasi TV

Arsip foto - Presiden Joko Widodo (kiri) dan Ibu Negara Iriana Joko Widodo (kedua kiri) berjabat tangan dengan Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh (kedua kanan) di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Jumat (15/6/2018). ANTARA FOTO/Widodo S Jusuf/hp/aa.

Penulis: Jay Akbar

Editor: Akbar Wijaya

Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh menyatakan menerima hasil rekapitulasi suara Pemilihan Legislatif dan Pemilihan Presiden Pemilu 2024 yang ditetapkan Komisi Pemilihan Umum (KPU). Ia juga mengucapkan selamat kepada pasangan Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka yang berhasil memenangi Pilpres tahun 2024.

"Partai Nasdem juga mengucapkan selamat kepada pasangan Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka sebagai pemenang Pilpres tahun 2024," kata Paloh dalam konfrensi pers di Jakarta, Rabu (20/3/2024) malam.

Surya Paloh menyebut Partai Nasdem tetap berkomitmen untuk senantiasa berada dalam kehendak yang terus-menerus berupaya memperbaiki kehidupan politik kita.

"Partai ini selalu siap terbuka dan telah menjalin komunikasi dengan berbagai kelompok masyarakat sipil, akademisi, para tokoh, cendekiawan, guru besar, hingga media, sebagai pilar demokrasi keempat," ujar Paloh.

Anies-Muhaimin Gugat ke KPU

Berbeda dengan Surya Paloh, pasangan Anies R. Baswedan dan Muhaimin Iskandar justru memastikan akan menggugat keputusan KPU ke Mahkamah Konstitusi (MK). Anies menegaskan kepemimpinan yang terlahir dari proses yang penuh dengan penyimpangan dan kecurangan akan menghasilkan kebijakan yang tidak adil. Anies menjelaskan bahwa langkah ini merupakan ciri dari negara yang beradab dan matang.

"Dalam prinsip negara modern, ketika kita melihat adanya ketidaknormalan, ketika kita melihat adanya penyimpangan dalam proses demokrasi, langkah yang seharusnya diambil bukanlah melakukan agitasi kepada publik, melainkan mengumpulkan bukti-bukti dan sinyalemen yang valid untuk kemudian dibawa ke depan hakim, ke depan Mahkamah Konstitusi," ujar Anies dalam sebuah rekaman video tak lama setelah KPU mengeluarkan putusannya, Rabu (20/3/2024).

Menurut Anies, langkah ini diambil demi menjaga agar negara terus maju dan semakin matang dalam berdemokrasi. "Kami tidak ingin proses demokrasi membuat kita mundur, mendekati masa pra-reformasi. Oleh karena itu, kami menjaga semua proses ini dengan baik dan tertib," tambahnya.

Putusan KPU

KPU RI menetapkan pasangan Calon Presiden dan Wakil Presiden RI Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka sebagai pasangan capres-cawapres terpilih pada Pilpres 2024.

Penetapan tersebut tertuang dalam Keputusan KPU Nomor 360 Tahun 2024 tentang Penetapan hasil Pemilihan Umum Presiden dan Wakil Presiden, Anggota Dewan Perwakilan Rakyat, Dewan Perwakilan Daerah, Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi, dan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten/Kota Secara Nasional dalam Pemilihan Umum Tahun 2024.

"Hasil Pemilihan Umum secara nasional sebagaimana dimaksud dalam Diktum Kesatu sampai dengan Diktum Kelima ditetapkan pada hari Rabu tanggal 20 bulan Maret tahun 2024 pukul 22.19 menit WIB," kata Ketua KPU RI Hasyim Asy'ari di Gedung KPU RI Jakarta, Rabu (20/3/2024) malam.

Hasyim mengungkapkan pasangan Prabowo-Gibran meraih 96.214.691 suara. Sementara itu, lanjut dia, pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar memperoleh 40.971.906 suara, sedangkan pasangan Ganjar Pranowo-Mahfud Md mendapatkan 27.040.878 suara. Adapun total surat suara sah, menurut dia, berjumlah 164.227.475 suara.

Berikut ini pernyataan Surya Paloh:

Partai Nasdem menyatakan menerima hasil Pemilu Tahun 2024 yang telah dilaksanakan pada tanggal 14 Februari 2024 yang lalu, baik pemilihan anggota legislatifnya maupun pemilihan presiden dan wakil presiden dalam Pilpres.

Kedua, Partai Nasdem mengucapkan selamat kepada seluruh partai politik peserta pemilu legislatif tahun 2024, beserta ketiga pasangan calon yang telah mengikuti kontestasi Pemilihan Presiden pada Pemilu 2024.

Partai Nasdem juga mengucapkan selamat kepada pasangan Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka sebagai pemenang Pilpres tahun 2024.

Ketiga, atas berbagai catatan yang ada, Partai Nasdem tetap berkomitmen untuk senantiasa berada dalam kehendak yang terus-menerus berupaya memperbaiki kehidupan demokrasi dan politik kita.

Nasdem akan
selalu siap, terbuka, serta telah menjalin komunikasi dan korespondensi dengan berbagai kelompok masyarakat sipil, akademisi, para tokoh, cendekiawan, guru besar, hingga media, sebagai pilar demokrasi keempat guna mewujudkan komitmen tersebut.

Keempat, Partai Nasdem menyadari bahwa partai politik hanyalah satu dari sekian pilar demokrasi. Nasdem menyadari Politik tidak hanya membutuhkan otoritas yang kuat, tetapi juga praktik check and balance yang sehat. Oleh karena itu, selain perlu membangun sistem politik dan kekuasaan yang sehat, kita juga membutuhkan kecerdasan politik warga negara yang kuat.

Kelima, Partai Nasdem mengajak seluruh komponen bangsa untuk senantiasa mengutamakan kepentingan bangsa di atas kepentingan golongan atau kelompok di dalam upaya mencari keadilan pascapemilu.

NARASI ACADEMY

TERPOPULER

KOMENTAR