Belum Tahu Mio Mirza yang Viral di Komentar Netizen? Simak Penjelasannya Di Sini

21 Mar 2024 14:03 WIB

thumbnail-article

Pexels

Penulis: Rusti Dian

Editor: Indra Dwi

Bagi pengguna media sosial khususnya TikTok pasti tidak asing dengan kalimat “belum tahu Mio Mirza”. Kalimat tersebut seringkali dilontarkan pada konten-konten yang sedang lewat di FYP (for your page). Lantas, siapakah Mio Mirza tersebut?

Mio Mirza bukanlah model motor terbaru dari Yamaha. Mio Mirza juga tidak merujuk pada nama seseorang. Mio Mirza adalah gabungan nama orang dan motor yang sering digunakannya.

Nama tersebut bermula dari seorang pengguna TikTok bernama @mirzanrhmnnn. Ia sering mengunggah konten tentang modifikasi motor Yamaha Mio berwarna merah. 

Namun, menurut pantauan Narasi, akun @mirzanrhmnnn tersebut sudah tidak lagi muncul di kolom pencarian TikTok. Diketahui akunnya diblokir oleh pihak TikTok karena sudah terlalu viral. Padahal followers-nya telah mencapai lebih dari 300.000.

Hobi modifikasi motor matic

Lelaki bernama Mirza ini sering mengunggah konten saat sedang memodifikasi motor Mio di bengkel. Hal ini terbukti dari yang visualnya biasa saja menjadi menarik setelah dimodifikasi. Tak hanya itu, motor tersebut juga sering digunakan untuk balapan dan meraih kejuaraan. 

“Dari hasil karyanya itu, dia mampu menciptakan motor matic yang sering diremehkan menjadi hal yang luar biasa. Bahkan dia itu dikenal sebagai salah satu spesialis bore up,” ujar salah satu pengguna TikTok bernama @mypersonalboundaries.

Bore up sendiri adalah istilah dalam modifikasi mesin kendaraan dengan cara menaikkan kapasitas silinder. Dari situ, mesin bisa menghasilkan tenaga yang lebih besar dan performa kencang. Tak heran jika motor hasil bore up bisa digunakan untuk balapan.

Motor Yamaha Mio yang dimodifikasi oleh Mirza ini merupakan generasi awal yang keluar pada 2005-2009. Motor ini sudah disuntik mati sejak 2012 karena masih menggunakan sistem pembakaran karburator. Kini, sistem tersebut sudah digantikan dengan pembakaran injeksi yang lebih hemat bahan bakar.

Tangan ajaib Mirza berhasil mengubah performa motor tersebut hingga setara dengan motor balap lainnya. Kapasitas silinder mesin Mio yang semula hanya 110 cc bisa menjadi 300 cc. Hal tersebut karena diameter piston dan ukuran stroke yang ditingkatkan oleh Mirza.

Karya Mirza tersebut seringkali bertanding dengan motor-motor cc tinggi seperti Kawasaki Ninja ZX-25RR dan Honda CBR250RR. Mirza dan motornya hampir selalu memimpin paling depan di lintasan drag pinggiran kota.

Oleh karena itu, frasa “belum tahu Mio Mirza” digunakan untuk menunjukkan kehebatan Mirza dalam mengoprek motor Mio Sporty dan keahliannya saat balap motor. Kini, Mirza kembali membangun akun TikTok-nya dari nol.

Apa Komentarmu?

Tulis komentar

ARTIKEL TERKAIT

VIDEO TERKAIT

KOMENTAR

Latest Comment

Belum ada komentar

Jadilah yang pertama mengirimkan komentar untuk bertukar gagasan dengan pengguna lainnya

TERPOPULER