Beragam Jenis Tabungan BCA yang Harus Kamu Ketahui

13 Feb 2023 13:02 WIB

thumbnail-article

Logo Bank BCA. Sumber: bca.co.id.

Penulis: Elok Nuri

Editor: Margareth Ratih. F

Jenis tabungan BCA memiliki beragam pilihan yang bisa dipilih oleh calon nasabah. Tentu hal ini disesuaikan dengan kebutuhan dan transaksi para nasabahnya.

Kita ketahui bersama bank swasta terbesar di Indonesia ini telah memiliki jutaan nasabah, bahkan sejumlah perusahaan menggunakan bank BCA untuk berbagai transaksi.

Bank milik Robert Budi Hartono dan Michael Bambang Hartono ini juga memiliki banyak kantor cabang dan jaringan mesin anjungan tunai mandiri (ATM) yang telah tersebar di seluruh kota di Indonesia. Untuk informasi lebih lanjut, berikut adalah jenis-jenis tabungan BCA: 

Jenis-jenis tabungan BCA

1. Tabungan Tahapan BCA

Jenis tabungan yang pertama ada BCA Tahapan atau Tabungan Hari Depan. Jenis ini merupakan produk tabungan dalam bentuk rekening dengan mata uang rupiah. Tabungan ini sering digunakan oleh masyarakat Indonesia.

Ada banyak keuntungan jika kamu menggunakan tabungan jenis ini. Selain kartu debit BCA dan buku tabungan, kamu juga bisa menggunakan tahapan ini untuk melakukan transaksi pembayaran seperti pulsa, BPJS, tagihan listrik, dan masih banyak lagi. 

Untuk tahap awal pembukaan rekening, saldo minimum yang harus disetor sebanyak Rp500.000, sementara setoran minimal selanjutnya sebanyak Rp50.000.

2. Tabungan Xpresi BCA

BCA Xpresi diperuntukkan bagi anak muda. Selain memiliki desain ATM lebih dari 50 macam, tabungan jenis ini biaya administrasinya terbilang murah.

Sama seperti jenis tabungan BCA Tahapan, tabungan Tahapan Xpresi dilengkapi dengan berbagai fitur mulai dari internet banking, phone banking, dan mobile banking.

Sayangnya Tabungan BCA Xpresi tidak mendapatkan buku tabungan. Untuk membuka rekening, minimal saldo ATM BCA jenis Tahapan Xpresi adalah sebesar Rp50.000 dan sudah termasuk biaya kartu. Untuk setoran minimum selanjutnya sebesar Rp50.000.

3. Tabungan Tahapan Gold BCA

Jenis tabungan BCA satu ini didesain khusus untuk para pelaku bisnis. Pasalnya tabungan BCA satu ini dapat digunakan untuk transaksi bisnis selama 24 jam non-stop sehingga dapat melindungi kredibilitas transaksi bisnis, serta memperlancar berbagai kebutuhan transaksi.

Untuk membuka rekening, minimal saldo BCA jenis Tahapan Gold BCA sebesar Rp10.000.000. Untuk setoran minimum selanjutnya sebesar Rp50.000.

4. Tabungan BCA Tapres

Tapres merupakan singkatan dari tabungan prestasi. Produk tabungan satu ini memberikan penawaran suku bunga lebih besar untuk memudahkan nasabah berbelanja non-tunai di toko atau gerai yang memiliki logo Debit BCA atau jaringan Maestro.

Untuk setoran minimum buka rekening BCA Tapres adalah sebesar Rp5 juta dengan setoran minimum selanjutnya Rp50.000. Nasabah Tapres BCA dikenakan biaya administrasi sebesar Rp17.000 per bulan.

5. Tabungan BCA Tabunganku

Jenis tabungan BCA tabunganku ini sengaja dirancang untuk mendorong budaya menabung di kalangan masyarakat. Maka tidak heran jika persyaratan untuk membuka rekening di tabungan jenis ini sangat mudah dan tanpa biaya per bulan.

Selain BCA, beberapa bank lain juga sudah menyediakan jenis produk tabungan yang satu ini. Untuk membuka rekening TabunganKu, kamu hanya perlu mengeluarkan dana sebesar Rp20.000 sebagai setoran awal dengan setoran minimal berikutnya sebesar Rp10.000. Adapun saldo minimal yang mengendap adalah Rp20.000.

6. Tabungan Simpanan Pelajar BCA

Jenis tabungan satu ini diperuntukkan bagi para pelajar mulai dari PAUD/TK, SD, SMP, hingga SMA. Lewat SimPel, para pelajar tidak hanya bisa belajar mengenai aktivitas perbankan, mereka juga bisa belajar berhemat untuk mempersiapkan masa depan mereka.

Seperti namanya, tabungan BCA satu ini memiliki setoran awal untuk pembukaan rekening hanya Rp5.000 saja dan minimal setoran selanjutnya adalah Rp1.000

7. Tabungan Tahapan Berjangka BCA

Bagi kamu yang memiliki keinginan menabung dan juga investasi, tabungan tahapan berjangka menjadi pilihan yang pas. Produk jenis tabungan di BCA ini memungkinkan nasabah untuk membuat tabungan dengan jangka waktu tertentu, mulai dari 12 bulan dan maksimal 240 bulan.

Tabungan Tahapan Berjangka ini akan mengambil dana langsung dari debit rekening kamu setiap bulan sesuai dengan jumlah yang disepakati. Hal ini bisa membantu kamu untuk lebih disiplin dalam menabung. Biaya administrasi untuk jenis tabungan ini gratis dan biaya transaksi di counter juga gratis.

8. Tabungan Tahapan Berjangka SiMuda BCA

Jenis tabungan BCA Tahapan Berjangka SiMuda sama seperti Tahapan Berjangka. Uang yang sudah kamu tabung tidak bisa diambil sampai waktu penyimpanan yang disepakati di awal berakhir.

Tabungan ini diperuntukkan bagi kamu yang masih berusia 18-30 tahun. Biaya administrasi dan biaya transaksi untuk jenis tabungan tahapan berjangka SiMuda juga gratis.

9. Tabungan BCA Dollar

Tabungan ini menyediakan fasilitas bagi kamu yang ingin menabung dalam bentuk mata uang asing. Nasabah juga memiliki keuntungan selain menabung, yakni dapat investasi dengan menabung dollar.

Untuk membuka tabungan BCA Dollar, kamu harus menyiapkan setoran awal sebesar USD100 dengan biaya bulanan sebesar USD1 dan biaya penutupan USD5.

10. Tabungan BCA Deposito

Deposito berjangka dari BCA ini memiliki beragam keuntungan untuk nasabah seperti melakukan investasi tanpa ribet dengan jangka waktu dan jumlah yang yang akan didepositokan.

Jangka waktu jenis tabungan ini dimulai dari 1 bulan, 3 bulan, 6 bulan, sampai dengan pilihan 12 bulan.

11. Tabungan BCA LAKU

Jenis tabungan ini cocok bagi kamu yang ingin membuka dan menarik tabungan tanpa harus datang ke kantor cabang terdekat. Selain itu kamu juga tidak akan dikenakan biaya administrasi bulanan.

Terkait fasilitasnya, tabungan LAKU untuk jumlah saldo maksimal sebanyak RP20.000.000 dan penarikan per kartu sebesar Rp 2.000

Itulah beberapa jenis tabungan BCA, pastikan sebelum kamu membuka rekeningnya sudah mengetahui lebih dulu jenis tabungan mana yang sesuai dengan kebutuhan kamu

Apa Komentarmu?

Tulis komentar

ARTIKEL TERKAIT

VIDEO TERKAIT

KOMENTAR

Latest Comment

Belum ada komentar

Jadilah yang pertama mengirimkan komentar untuk bertukar gagasan dengan pengguna lainnya

TERPOPULER