Mengenal Bioetanol: Gebrakan Gibran untuk Mengurangi Energi Fosil

21 Januari 2024 23:01 WIB

Narasi TV

Gibran Rakabuming Raka dalam Debat Cawapres, Minggu (21/01). Sumber: YouTube Najwa Shihab.

Penulis: Elok Nuri

Editor: Margareth Ratih. F

Cawapres nomor urut 2, Gibran Rakabuming Raka dalam Debat Cawapres Minggu (21/01), menguraikan komitmennya bersama Prabowo Subianto untuk mengurangi ketergantungan energi fosil dengan mendorong energi hijau seperti bioetanol.

"Untuk mengurangi ketergantungan pada energi fosil, kita akan dorong transisi menuju energi hijau, seperti bioavtur, biodiesel dan juga bioetanol," ujarnya saat acara Debat ke-4 Cawapres di Senayan JCC, Minggu (21/1/2024).

Sebagai catatan, bioetanol merupakan salah satu program yang dicanangkan oleh capres dan cawapres nomor urut 2. Mereka menjanjikan pengembangan bioetanol dari tanaman singkong dan tebu. 

Lantas apa yang dimaksud dengan bioetanol dan apa saja manfaatnya?

Tentang Bioetanol

Mengutip dari laman Pusat Studi Energi Universitas Gadjah Mada, bioetanol adalah jenis bahan bakar terbarukan yang dihasilkan melalui proses fermentasi bahan organik. Utamanya dengan kandungan karbo yang tinggi seperti jagung, gandum, dan juga tebu.

Salah satu sumber energi terbarukan yang menjanjikan dari bioetanol adalah menjadi alternatif bahan bakar.

Jenis bahan bakar ini dianggap sebagai solusi dalam menghadapi perubahan iklim dan ketergantungan terhadap bahan bakar fosil.

Pengembangan energi terbarukan ini diincar Gibran lantaran Indonesia sebagai negara yang kaya akan sumber daya alamnya. Hal tersebut nantinya bisa dimanfaatkan sebagai energi terbarukan.

Indonesia mulai memanfaatkan bioetanol

Berdasarkan catatan dari Direktorat Jenderal Energi Baru Terbarukan Konservasi Energi (EBTKE) Kementerian Energi Sumber Daya Mineral, dikatakan bahwa pemerintah telah cukup serius dalam pemanfaatan bioetanol sebagai upaya pengurangan impor bensin.

Di antaranya dengan diterbitkannya Peraturan Presiden Nomor 40 Tahun 2023 tentang Percepatan Swasembada Gula Nasional dan Penyediaan Bioetanol Sebagai Bahan Bakar Nabati (Biofuel). 

Manfaat bioetanol

Melansir dari laman koran Tempo, karena Bioetanol yang terbuat dari bahan organik maka memiliki beragam manfaat. Berikut adalah manfaatnya:

  • Dapat menghemat bahan bakar  dan meningkatkan kinerja
  • Membantu mengurangi emisi karbon dioksida dan emisi Gas Rumah Kaca\
  • Membantu kemandirian energi dalam sebuah negara karena mengandalkan sumber daya hayati
  • Menciptakan peluang lapangan kerja di pedesaan

Sebagai informasi, debat cawapres ronde ke 4 ini bertema energi, sumber daya alam (SDA), sumber daya manusia (SDM), pangan, pajak karbon, lingkungan hidup, agraria, dan masyarakat adat.

NARASI ACADEMY

TERPOPULER

KOMENTAR