Green Jobs Adalah: Definisi dan Contoh Pekerjaannya

21 Januari 2024 22:01 WIB

Narasi TV

Gibran Rakabuming Raka dalam Debat Cawapres, Minggu (21/01). Sumber: YouTube Najwa Shihab.

Penulis: Rusti Dian

Editor: Margareth Ratih. F

Calon wakil presiden (cawapres) nomor urut 2, Gibran Rakabuming Raka sempat menyinggung soal green jobs. Menurutnya, green jobs dapat menjadi peluang Indonesia di masa depan. Lantas, apa itu green jobs?

Dalam debat putaran keempat yang digelar pada Minggu (21/1/2024), Gibran menyinggung soal green jobs (pekerjaan bidang kelestarian lingkungan). Green jobs masuk dalam visi, misi, dan program kerja yang akan dijalankan pasangan calon nomor urut 2 jika diberi kesempatan memimpin Indonesia.

Green jobs ini adalah peluang kerja di bidang kelestarian lingkungan. Green jobs ini adalah tren peluang kerja masa kini dan masa depan,” ujar Gibran saat memaparkan visi, misi, dan program kerjanya.

Menurutnya, green jobs menjadi peluang kerja bagi generasi muda dan kaum perempuan. Hal ini berkaitan dengan pengelolaan potensi sumber daya alam Indonesia yang sangat besar.

Pengertian green jobs

Green jobs adalah pekerjaan ramah lingkungan yang menjadi lambang perekonomian dan masyarakat berkelanjutan. Tujuannya adalah untuk mengurangi dampak lingkungan akibat perusahaan dan sektor ekonomi. 

Istilah ini diperkenalkan oleh International Labor Organization (ILO) berkaitan dengan agenda pembangunan berkelanjutan dan rendah emisi. Sebab, kualitas lingkungan dan sumber daya alam semakin menurun. Tentu ini bisa berdampak buruk bagi perubahan iklim yang sudah bisa dirasakan oleh negara berkembang.

Masalah perubahan iklim tentu akan berimbas pada perekonomian. Para petani bisa merugi karena gagal panen. Gagal panen disebabkan oleh perubahan iklim yang semakin memburuk. Belum lagi sinar matahari yang seringkali merusak buah dan tanaman.

Oleh karena itu, green jobs menawarkan pekerjaan yang bisa membantu melindungi ekosistem dan biodiversitas. Pekerjaan tersebut seperti mengurangi energi, materi, dan konsumsi air lewat strategi dengan tingkat efisiensi tinggi.

Contoh green jobs

Beberapa profesi yang termasuk dalam green jobs diantaranya:

  • Teknisi Sistem Energi Matahari

Sistem energi matahari (panel surya) akan menjadi pembangkit listrik mandiri yang lebih hemat. Selama ini, tenaga listrik konvensional masih menggunakan bahan bakar fosil dan kebutuhannya pun semakin meningkat.

  • Startup Waste Management

Start up ini akan berhubungan dengan manajemen. Hal ini sangat berguna untuk memilah sampah yang bisa didaur ulang.

  • Startup Energi Terbarukan

Startup energi terbarukan menghadirkan teknologi untuk menyelesaikan masalah yang tidak efisien. Dengan begitu, biaya tagihan listrik pun bisa turun, serta dapat menjangkau desa-desa terpencil.

  • Fashion Designer Berkelanjutan

Fashion designer ini akan mengedepankan nilai-nilai keberlanjutan dan kemanusiaan. Busana yang diproduksi juga lebih ramah lingkungan dan dapat digunakan dalam jangka waktu yang lama.

  • Petani Urban

Petani urban akan mempraktikkan budidaya, pemrosesan, dan distribusi bahan pangan dengan melibatkan peternakan, hortikultura, wanatani, dan budidaya perairan.

  • Teknisi Mobil Listrik

Mobil listrik tidak menyebabkan polusi sehingga lebih ramah lingkungan. Oleh karena itu, teknisi mobil listrik sangat dibutuhkan di masa depan.

  • Arsitek Ramah Lingkungan

Arsitek ini akan mengembangkan konsep arsitektur atau bangunan yang lebih ramah lingkungan. Konsep arsitektur hijau (green architecture) sudah mulai banyak dikembangkan agar tidak merusak lingkungan.

  • Content Creator

Content creator melakukan semua pekerjaannya secara online sehingga minim sampah dan tidak akan merusak lingkungan.

NARASI ACADEMY

TERPOPULER

KOMENTAR