Apa Perusahaan BUMN Tertua? Berikut Sejarah hingga Perkembangannya

18 Mar 2023 11:03 WIB

thumbnail-article

PT Pos Indonesia (ANTARA FOTO/Dedhez Anggara)

Penulis: Moh. Afaf El Kurniawan

Editor: Indra Dwi Sugiyanto

Menteri BUMN Erick Thohir mulai mengurangi jumlah Badan Usaha Milik Negara (BUMN). Perusahaan milik negara saat ini beroperasi di berbagai sektor dan telah membentuk kepemilikan mereka sendiri. Namun tahukah Anda apa saja BUMN tertua di Indonesia?

Salah satu BUMN tertua di Indonesia adalah PT Pos Indonesia. Kantor pos ini pertama kali didirikan di Batavia, sebutan untuk Jakarta tempo dulu. Kantor pos yang satu ini didirikan pada 26 Agustus 1746 oleh Gubernur Jenderal G. W. Baron van Imhoff.

Sejak saat itu, layanan pos lahir untuk mengemban peran dan misi pelayanan publik. Empat tahun setelah berdiri, kantor pos kemudian membuka di daerah Semarang, hal tersebut bertujuan untuk menghubungkan pos yang teratur dari kedua tempat yang pada saat itu jalur pos Karawang, Cirebon dan Pekalongan.

Sebelum menjadi BUMN, Pos Indonesia berstatus Jawatan Pos, Telegraf dan Telepon. Perusahaan ini dikhususkan bagi umum dan tidak untuk tujuan komersial.

Pada tanggal 27 September 1945, kantor pos Kemudian berubah nama menjadi  Perusahaan Negara Pos dan Telekomunikasi (PN Postel). Pada tahun 1965 digabung lagi menjadi Perusahaan Pos dan Giro.

Tak hanya itu, pada tahun 1978 namanya menjadi Perum Pos dan Giro. Pada tahun 1995, setelah 17 tahun beroperasi, berganti nama menjadi PT Pos Indonesia seperti yang kita kenal sekarang.

Seiring berjalannya waktu, Pos Indonesia mampu menunjukkan kreativitasnya dalam mengembangkan sektor pos Indonesia dengan infrastruktur jaringannya yang mencakup kurang lebih 24.000 titik layanan dan menjangkau 100 persen kota/kabupaten dan hampir 100 persen kecamatan. dan 42 persen kelurahan/desa serta 940 lokasi transmigrasi terpencil di Indonesia.

Selain perkembangan informasi, komunikasi dan teknologi, jaringan Pos Indonesia telah memiliki lebih dari 3.800 kantor pos online dan dilengkapi dengan kantor pos keliling elektronik di beberapa kota besar. Semua titik lokasi adalah rantai yang terhubung dengan kuat dan integral satu sama lain.

Sistem kode pos diciptakan untuk memudahkan penggunaan surat, mengidentifikasi secara akurat setiap jengkal wilayah Indonesia.

Demikian informasi seputar PT Pos Indonesia selaku BUMN tertua lengkap dengan sejarah awal mula berdirinya.

 

Apa Komentarmu?

Tulis komentar

ARTIKEL TERKAIT

VIDEO TERKAIT

KOMENTAR

Latest Comment

Belum ada komentar

Jadilah yang pertama mengirimkan komentar untuk bertukar gagasan dengan pengguna lainnya

TERPOPULER