Mengenal Cache: Pengertian, Fungsi, Jenis-Jenisnya dan Perlukah untuk Dihapus?

14 April 2023 20:04 WIB

Narasi TV

Ilustrasi smartphone lambat karena cache aplikasi yang terlalu banyak. (Sumber: Pexels/Lisa Fotios)

Penulis: Moh. Afaf El Kurniawan

Editor: Rizal Amril

Cache, atau tembolok dalam bahasa Indonesia, adalah tempat penyimpanan data sementara aplikasi atau website yang tersimpan di perangkat keras seperti handphone atau komputer.

Istilah cache sering kita dengar ketika menggunakan internet. Meskipun tak jarang memakan kapasitas penyimpanan, namun tembolok memiliki kegunaan.

Data yang disimpan pada cache meliputi gambar, file CSS, dan file JavaScript. 

Pengertian cache

Cache adalah tempat penyimpanan sementara yang digunakan untuk menyimpan data dari sebuah website atau aplikasi pada perangkat pengguna. 

Cache berfungsi untuk mempercepat proses loading halaman website atau aplikasi yang pernah diakses sebelumnya. 

Ketika halaman website diakses kembali, maka data yang tersimpan pada cache akan diambil dari perangkat pengguna, alih-alih dari server, sehingga proses loading bisa dipercepat.

Fungsi cache

Fungsi cache adalah untuk mempercepat loading halaman website yang pernah diakses sebelumnya. 

Dengan adanya cache, maka data yang pernah diunduh sebelumnya tidak perlu diunduh lagi secara keseluruhan, sehingga proses loading menjadi lebih cepat dan efisien.

Dalam sistem aplikasi, tembolok juga berfungsi untuk menyimpan data pengaturan aplikasi yang ditetapkan pengguna.

Dengan memanfaatkan cache, pengguna aplikasi tidak perlu melakukan pengaturan personalisasi aplikasi, seperti misalnya pengaturan mode gelap/terang dan lainnya.

Jenis-jenis cache

Ada beberapa jenis cache yang sering digunakan, yaitu:

  • Cache browser: cache ini disimpan pada aplikasi browser yang digunakan, seperti Google Chrome, Mozilla Firefox, dan Safari.
  • Cache server: cache ini disimpan pada server, dan dapat diakses oleh banyak pengguna lainnya. Contohnya adalah cache yang digunakan oleh perusahaan penyedia layanan internet (ISP).
  • Cache aplikasi: cache ini disimpan pada aplikasi yang digunakan pada perangkat pengguna. Contohnya adalah cache pada aplikasi Instagram atau Facebook.

Perlukah menghapus cache?

Sebagai penyimpan data sementara, cache tak jarang akan menumpuk data sehingga kemungkinan akan memakan banyak kapasitas memori jika dibiarkan lama.

Tentu, untuk mempercepat kinerja perangkat, cache dapat dihapus, terutama ketika sudah menumpuk terlalu lama.

Ketika cache sudah terlalu banyak, maka loading halaman website atau aplikasi yang pernah diakses sebelumnya menjadi lebih lambat.

Selain itu, cache yang tidak pernah dihapus juga dapat memakan ruang penyimpanan pada perangkat. 

Oleh karena itu, disarankan untuk secara berkala menghapus cache pada perangkat, terutama pada browser yang sering digunakan.

Demikian penjelasan terkait pengertian Cache lengkap dengan pengertian, fungsi, serta jenis-jenisnya.

NARASI ACADEMY

TERPOPULER

KOMENTAR